%0 Thesis %9 Skripsi %A MIFTAKHUL JANNAH, NIM. 13490065 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2017 %F digilib:28348 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Manajemen peserta didik, anak berkebutuhan khusus %P 157 %T IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28348/ %X Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui manajemen peseta didik anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Sleman. Manajemen peserta didik merupakan kegiatan pengelolaan yang memusatkan pelayanan aktivitas peserta didik pada saat awal masuk sekolah sampai peserta didik meninggalkan sekolah tersebut. Pelayanan dan pengaturan peserta didik juga berlaku untuk anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah umum. Melalui manajemen peserta didik sekolah berusaha memberikan pelayanan yang baik untuk peserta didik. Bagi sekolah manajemen peserta didik merupakan salah satu komponen penting yang tidak lepas dari kegiatan manajemen sekolah. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data baik berupa tabel maupun gambar, serta penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta dilapangan yang ditemukan untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di MAN 2 Sleman telah berjalan dengan baik, mulai dari (1) perencanaan peserta didik baru, yang menggunakan assessement untuk anak berkebutuhan khusus sehingga bisa mengetahui apa yang mereka butuhkan. (2) Dari pelaksanaannya madrasah inklusi MAN 2 Sleman menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus juga seperti yang lainnya, dengan memberikan pelayanan mulai dari penerimaan perserta didik, orientasi, kegiatan didalam kelas, kegiatan ekstrakurikuler, layanan bimbingan konseling dan kelulusan, yang sama seperti yang lain tidak membedabedakan. Hanya saja untuk penjurusan MAN 2 Sleman memberikan dua pilihan untuk anak berkebutuhan khusus IPS atau Agama, dan memberikan pelayanan mobilitas untuk anak berkebutuhan khusus sesuai kebutuhannya di sekolah. (3) Adapun faktor pendukung manajemen peserta didik anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Sleman dari segi sarana prasarna yang sudah memadahi, sedangkan untuk faktor penghambat dari segi sumberdaya manusia, dari segi pendidik yang masih terbatas untuk anak berkebutuhan khusus %Z Dra. Nur Rohmah, M.Ag,