TY - THES N1 - Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., M.Si. ID - digilib28350 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28350/ A1 - LILIK PURWANTI, NIM. 1320011011 Y1 - 2017/08/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi berdasarkan kualifikasi dan kompetensi, Dampak positif dan negatif, dan Kendala penunjukan Kepala Perpustakaan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta berdasarkan Permendiknas No.25 Tahun 2008. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan informan dengan teknik purposive sampling, yang meliputi Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, dan Siswa. Uji keabsahan hasil penelitian dengan triangulasi metode dan teori. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini yakni, dalam implementasinya hanya Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang dalam penunjukannya belum memenuhi kualifikasi sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Permendiknas No.25 Tahun 2008, yaitu kurangnya masa kerja. Terkait kompetensi, Kepala Perpustakaan dari ketiga sekolah tersebut belum ada yang sepenuhnya memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Permendiknas No.25 Tahun 2008. Terkait kendala dalam penunjukan Kepala Perpustakaan, hanya Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang mengalami kendala, yakni terkendala pada kandidat yang hanya satu orang. Dampak dari penunjukan Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yakni Kepala Perpustakaan bisa fokus mengelola perpustakaan karena fulltime di perpustakaan; lebih berpengalaman; sedangkan dampak negatifnya, pada pengadaan buku yang melibatkan guru, prosesnya menjadi lama karena Kepala Perpustakaan bukan berasal dari guru; selain itu regenerasi Kepala Perpustakaan juga berlangsung sangat lama. Dampak penunjukan Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yakni perpustakaan menjadi lebih tertata karena ditangani oleh orang yang berkompeten, selain itu Kepala Perpustakaan lebih bisa menerima saran dan masukan bagi kemajuan perpustakaan. Dampak negatifnya, karena masa kerja belum mencukupi, sehingga rekan kerja harus bersabar dalam menunjukkan peta kerja di sekolah. Dampak penunjukan Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yakni karena posisi beliau sebagai guru, maka komunikasi ke guru dan siswa menjadi lebih lancar. Dampak negatifnya, Kepala Perpustakaan tidak bisa fulltime di perpustakaan karena kesibukan mengajar. Saran bagi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yakni perlunya regenerasi Kepala Perpustakaan. Saran bagi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yakni perlunya memperhatikan masa kerja dalam penunjukan Kepala Perpustakaan; perlunya Kepala Perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi manajerial; dan perlu diberikannya kesempatan diklat perpustakaan bagi tenaga perpustakaan. Saran bagi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yakni perlu bagi Kepala Sekolah untuk lebih memperhatikan pengembangan karir bagi pustakawan. Saran bagi Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta untuk memberikan himbauan agar menunjuk Kepala Perpustakaan yang berkompeten dan menjadikan kompetensi Kepala Perpustakaan sebagai salah satu aspek penilaian lomba antar sekolah Muhammadiyah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penunjukan Kepala Perpustakaan Sekolah KW - Implementasi Kebijakan KW - Permendiknas No. 25 Tahun 2008 M1 - masters TI - IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2008 TENTANG STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH (STUDI KASUS TENTANG PENUNJUKAN KEPALA PERPUSTAKAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA; SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA; DAN SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 186 ER -