@phdthesis{digilib28378, month = {July}, title = {PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MAN 3 SLEMAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 13410205 Dita Probo Susanti}, year = {2017}, note = {Dr. H. Tasman Hamami, M.A.}, keywords = {Akidah Akhlak, Kecerdasan Spiritual}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28378/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini yakni persoalan moralitas banyak dialami oleh para remaja usia sekolah disebabkan karena spiritualisme sebagai sumber makna pendidikan terabaikan. Permasalahan yang terjadi di MAN 3 Sleman yakni perilaku beberapa siswa yang kurang baik seperti berpakaian yang tidak sesuai aturan, bermalas-malasan melaksanakan shalat dhuhur, dan menyontek. Adanya mata pelajaran akidah akhlak diharapkan supaya siswa memiliki keyakinan beragama yang kuat, cerdas secara spiritual, dan diwujudkan dengan perilaku yang baik (akhlakul karimah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 3 Sleman, dan mendeskripsikan hasil pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAN 3 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan meelakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini akan menggunakan teknik kecukupan bahan referensi. Ada 6 subyek yang dijadikan sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan analisis proses pembelajaran akidah akhlak di kelas, ada beberapa komponen yang mengarahkan pada beberapa aspek pengembangan kecerdasan spiritual yaitu pada komponen kompetensi dasar dan indikator yang dicapai, metode dan strategi yang digunakan, dan langkah-langkah dalam pembelajaran. Guru juga memberikan contoh/teladan kepada para siswanya sebagai upaya dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. 2) Pembelajaran akidah akhlak mampu mengembangkan kecerdasan spiritual siswa pada beberapa aspek yaitu memiliki kesadaran yang tinggi, berpegang teguh pada agama yang diyakini, kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai, keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu, dan memiliki kemudahan untuk bekerja melawan konvensi. Berdasarkan 6 subyek yang dijadikan sampel penelitian, 3 dari 6 subyek sudah cukup berkembang kecerdasan spritualnya yakni subyek I, subyek III, dan subyek V, sedangkan subyek lainnya belum begitu berkembang kecerdasan spiritualnya disebabkan karena tidak terpenuhinya beberapa aspek dari keseluruhan aspek kecerdasan spiritual yang berkembang menurut Danah Zohar dan Ian Marshall. Kata kunci: Akidah Akhlak, Kecerdasan Spiritual} }