%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI AMINAH 03440388, %B Fakultas Saintek %D 2009 %F digilib:2838 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kimia, motivasi belajar, prestasi belajar. %T HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER II MA KARTAYUDA WADO KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2838/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kimia dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester II MA Kartayuda Wado Kabupaten Blora sebanyak 61 siswa, sampel dalam penelitian ini merupakan keseluruhan dari populasi yang ada. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kimia dan angket motivasi belajar kimia yang telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dosen pembimbing kemudian divalidasi secara empiris dan diperoleh reliabilitas masing-masing angket yaitu sebesar 0,828 dan 0,857. Sedangkan untuk soal prestasi belajar kimia siswa dikonsultasikan dengan guru kimia kemudian divalidasi dan diperoleh reliabilitasnya sebesar 0,798. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor. Persaman regresi yang diperoleh Y = 0,091X1 + 0,356X2 19,574 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,927 dan koefisien determinasinya sebesar 0,859. Koefisien korelasi parsial ry1-2 sebesar 2,388 dan ry2-1 sebesar 9,905 dengan rtabel = 0,254. Sumbangan relatif persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kimia dan motivasi belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia masing-masing 1,621% dan 98,379%, sedang untuk sumbangan efektif masing-masing variabel bebas adalah 391% untuk X1 dan untuk X2 sebesar 84,460%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kimia dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. %Z Pembimbing : Dra. Nurrohmah Siti Fatonah M.Pd