eprintid: 2839 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/28/39 datestamp: 2012-09-03 12:22:16 lastmod: 2016-12-07 06:45:41 status_changed: 2012-05-04 16:43:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Endin Kamiludin NIM : 02461302, title: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 CIAMIS ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Guided discovery inquiry laboratory lesson,keterampilan proses dan pemahaman konsep. note: Pembimbing : Warsono, M.Si, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA (fisika) siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ciamis dengan menggunakan pendekatan guided discovery inquiry laboratory lesson, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPA (fisika) siswa kelas VIII-G SMP Negeri 4 Ciamis dengan menggunakan pendekatan guided discovery inquiry laboratory lesson. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 4 Ciamis tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, evaluasi. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi, hasil refleksi merupakan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa pemaparan frekuensi dan persentase kemampuan siswa dalam melaksanakan keterampilan proses yang dikembangkan dan pemahamannya dilihat dari prestasi belajar mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Pembelajaran fisika melalui pendekatan guided discovery inquiry laboratory lesson mampu meningkatkan keterampilan proses siswa, hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu mencapai rerata kategori baik dari 34,4 menjadi 65,8. dan 2) Melalui pendekatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA (fisika). Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre test dan post test pada siklus I meningkat dari 5,5 menjadi 8,1 dan pada siklus II meningkat dari 7,5 menjai 8,3. date: 2009-07-21 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-21 14:54:53 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--endinkamil-2541-1-endinka-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/51/digilib-uinsuka--endinkamil-2541-1-endinka-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2931 ; nama file lama : ENDIN KAMILUDIN 02461302 UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1809887 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Endin Kamiludin NIM : 02461302, (2009) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2839/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2839/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf