<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)"^^ . "Skripsi ini merupakan bentuk ijtihad penulis untuk melakukan interpretasi\r\nulang terhadap ayat-ayat tentang keselamatan agama selain Islam, yakni Yahudi\r\ndan Nasrani. Adapun permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini\r\nadalah: pertama, ayat-ayat yang menjamin keselamatan agama lain dalam Al-\r\nQur’an tampak bertentangan dengan ayat-ayat yang menunjukkan superioritas\r\nIslam. Selain itu, sejumlah ayat yang mengkritik agama Yahudi dan Nasrani\r\nseakan mengindikasikan ketidakselamatan agama tersebut. Kedua, pada dasarnya\r\npara ulama tafsir telah memberikan solusi bagi problem kontradiksi tersebut, yaitu\r\nadanya penggunaan teori abrogasi atau naskh. Meski demikian, karena beberapa\r\nalasan penggunaan teori tersebut tidak dapat ditempuh, oleh karenanya perlu\r\npendekatan baru untuk melakukan interpretasi.\r\nDalam melakukan interpretasi, penulis menggunakan metodologi tafsir\r\nkontekstual yang digagas oleh Abdullah Saeed karena beberapa pertimbangan;\r\npertama, selain aspek bahasa, Saeed juga menekankan pentingnya melakukan\r\nanalisis terhadap konteks sosio-historis ketika Al-Qur’an diturunkan. Kedua,\r\nmetodologi tafsir yang dikembangkannya tersusun secara sistematis, mulai dari\r\nperjumpaan awal dengan teks, melakukan analisis lingustik, dan analisis sejarah.\r\nDari penerapan metodologi penafsiran yang telah dilakukan, dihasilkan\r\nsejumlah kesimpulan berikut: pertama, QS. al-Baqarah: 62 dan ayat lain yang\r\nsenada, pada dasarnya tidak bertentangan dengan ayat-ayat tentang kebenaran\r\nIslam sebagai satu-satunya agama di sisi Tuhan. Hal ini karena kata islam dalam\r\nAl-Qur’an lebih tepat dipahami dalam arti generiknya, bukan sebagai agama\r\ninstitusi sebagaimana dipahami sekarang. Kedua, melalui pendakatan konteks\r\nsejarah disimpulkan bahwa kritikan Al-Qur’an terhadap Yahudi dan Nasrani\r\nditujukan kepada penyimpangan yang ada pada masa Nabi dan bukan ditujukan\r\nsecara keseluruhan ajaran mereka, sebab Qur’an sendiri mengakui eksistensi\r\nmereka sebagai agama yang benar. Maka tidak menutup kemungkinan, baik\r\nYahudi, Nasrani maupun agama lain juga memenuhi persyaratankeselamatan;\r\nberiman kepada Allah dan Hari Akhir; serta beramal salih. Oleh karenanya dapat\r\ndikatakan bahwa seseorang bisa dianggap selamat di akhirat menurut Al-Qur’an\r\nadalah bukan karena institusi agama, melainkan dengan keimanan dan amal salih.\r\nKetiga, terkait keimanan Yahudi dan Nasrani, dalam ajaran kedua agama tersebut\r\nkonsep ke-Esa-an Tuhan begitu ditekankan. Keduanya sama-sama menekankan\r\ndoktrin yang tertera dalam Perjanjian Lama tentang Allah sebagai satu-satunya\r\nTuhan. Ajaran semacam itu sampai sekarang masih tetap dilestarikan oleh para\r\npenganutnya. Sedangkan persoalan amal salih, dalam “Sepuluh Perintah Tuhan”\r\najaran Yahudi, secara jelas menggambarkan bentuk perbuatan baik dan\r\npelarangan terhadap bentuk kejahatan dan kemungkaran. Begitu juga dalam\r\nagama Nasrani, banyak usaha-usaha untuk mengaktualisasikan ajaran gereja\r\ntentang cinta kasih dan keadilan, di antaranya adalah penangan masalah sosial\r\nkhususnya kemiskinan."^^ . "2017" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13530092"^^ . "MUHAMMAD MUFTI AL ACHSAN"^^ . "NIM. 13530092 MUHAMMAD MUFTI AL ACHSAN"^^ . . . . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . . . "13530092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN\r\n\r\n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28400 \n\nKONSEP KESELAMATAN AGAMA LAIN DALAM AL-QUR’AN \n \n(APLIKASI METODOLOGI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .