<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)"^^ . "Kisah Nabi Adam dalam al-Qur’an merupakan kisah yang perlu dikaji\r\nkarena kisah ini memiliki simbol-simbol yang perlu dipecahkan. Simbol-simbol\r\ntersebut seperti pohon dan ghurur. Selain itu, dalam kisah Nabi Adam terdapat\r\npengulangan peristiwa, tetapi dengan struktur yang berbeda. Iblis diceritakan\r\nberkali-kali dalam al-Qur’an sebagai pembangkang dan penggoda manusia. Faktafakta\r\ntersebut tidak cukup dianalisis hanya berhenti pada tatanan bahasa. Faktafakta\r\ntersebut akan lebih terlihat pesannya jika dikaji melalui analisis mitos\r\nsemiotika Roland Barthes.\r\nTeori semiotika Roland Barthes biasa diterapkan dalam kajian sastra,\r\ndilanjutkan dengan meneliti makna mitos yang dapat dipetik dari kisah Nabi\r\nAdam menurut perspektif tersebut. Pertama, pada sistem semiotika tingkat\r\npertama, Barthes menggunakan terminologi form, concept, dan signification\r\ndalam mendeskripsikan tanda (sign). Penanda dan petanda merupakan dua hal\r\nyang tidak dapat dipisahkan karena keduanya merupakan unsur pembentuk tanda.\r\nDalam semiotika tingkat pertama dihasilkan pemaknaan yang pasti (denotasi).\r\nPemaknaan yang dihasilkan merupakan pemaknaan secara bahasa. Kedua, pada\r\ntahap konotasi atau mitos, teks yang telah dianalisis secara linguistik akan\r\ndianalisis lebih dalam agar menembus batas-batas literal dengan cara membaca\r\nsejarah serta aspek-aspek lain yang melingkupinya. Dengan demikian, didapatkan\r\npesan ideologi yang sebenarnya akan disampaikan oleh teks tersebut.\r\nSetiap fragmen dianalisis melalui metode struktural untuk mendapatkan\r\nmakna objektif dari teks tersebut. Pada tahab ini konversi bahasa sangat berperan.\r\nTeks dimaknai hanya sebatas apa yang diinformasikan dalam struktur teks.\r\nSelanjutnya, teks yang sudah mendapatkan arti dianalisis secara mitis dengan\r\nmemperhatikan konvensi sastra dan kode-kode yang terdapat dalam teks untuk\r\nmenggali makna atau signifikansi. Berdasarkan analisis ini, kisah Nabi Adam\r\nmempunyai beberapa signifikansi, di antaranya menjadi pemimpin di bumi,\r\nketulusan dalam berkurban tanpa terukur dengan nilai-nilai materialistis. Selain\r\nitu, kisah Nabi Adam juga mengajarkan nilai-nilai positif yakni tekad yang kuat,\r\netika, memilih berita."^^ . "2017-08-11" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13530115"^^ . "MALIKHATUL MU’ASYAROH"^^ . "NIM. 13530115 MALIKHATUL MU’ASYAROH"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Text)"^^ . . . . . "13530115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Text)"^^ . . . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN\r\n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #28406 \n\nPEMAKNAAN MITOS KISAH NABI ADAM DALAM AL-QUR’AN \n(PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .