<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN"^^ . "Skripsi ini berjudul suka dan duka dalam al-Qur’an. Suka dan duka\r\nmerupakan emosi yang berkaitan dengan psikologi manusia. Dalam al-Qur’an dua\r\nhal ini sangat berhubungan erat dengan konteks kehidupan manusia, baik di dunia\r\nmaupun di akhirat. Dalam al-Qur’an, suka disebabkan keimanan dan ketaatan\r\nyang kuat, sedangkan duka disebabkan kekafiran dan kedurhakaan. Penulis\r\nmenggunakan enam kata kunci, yaitu lafaz\\ fariha, sarra, sa’ida, basyira, hazina\r\ndan asifa.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian tafsir tematik atau maudu’iy\r\nmenurut al-Farmawi yang menawarkan 7 langkah cara kerja. Penelitian ini\r\nmenghasilkan sebuah konsep tentang suka dan duka. Di antaranya yaitu faktorfaktor\r\nyang menyebabkan suka dilengkapi dengan bagaimana cara\r\nmemperolehnya dalam perspektif al-Qur’an. Faktor-faktor yang dapat\r\nmenyebabkan suka dalam al-Qur'an terbagi ke dalam dua bentuk, yang positif dan\r\nyang negatif. Adapun faktor yang positif antara lain mendapatkan rahmat dari\r\nAllah, diturunkannya al-Kitab (al-Qur’an) sebagai petunjuk, mendapatkan karunia\r\ndari Allah, mendapatkan pertolongan dari Allah, serta melihat hal yang indah.\r\nSedangkan faktor yang negatif antara lain pesona kehidupan dunia, bahagia\r\ndengan kesedihan orang lain, merasa cukup dengan pengetahuan yang dimiliki,\r\nterhindar dari kewajiban jihad, dan menemukan sesuatu yang memberikan\r\nkeuntungan. Cara-cara yang dapat ditempuh untuk meraih suka dalam perspektif\r\nal-Qur’an diantaranya yaitu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,\r\nmenyembah Allah dan tidak menyekutukannya, dan berjihad di jalan Allah SWT.\r\nKonstruksi duka dalam perspektif al-Qur’an, ditemukan faktor-faktor yang\r\nmenyebabkan duka di antaranya tidak mempunyai harta untuk dinafkahkan,\r\nmendapat ancaman dari musuh, kekhawatiran atas ketidakmampuan diri, berada\r\ndalam keadaan susah, kekafiran kaum Rasulullah SAW, perpisahan orang tua dan\r\nanaknya, berpalingnya kaum Nabi Musa AS, tidak menaati perintah Rasul, dan\r\nmendustakan Rasul. Cara-cara yang dapat ditempuh untuk menghindari duka\r\nadalah beriman kepada Allah SWT, bertakwa kepada Allah SWT, istiqamah\r\ndalam tauhid, megikuti petunjuk Allah SWT, menafkahkan harta di jalan Allah\r\nSWT, jihad fi sabilillah, dan bersabar.\r\nAda beberapa relasi antara suka dan duka di antaranya yaitu proses\r\nperubahan dari suka menuju duka atau sebaliknya, orang yang telah mendapatkan\r\nsuka di dunia tidak menutup kemungkinan untuk beralih menjadi duka di akhirat,\r\nseperti terperdaya kesenangan dunia, kesenangan hidup orang kafir, balasan tidak\r\nikut berjihad, dan kesenangan tercela orang musyrik. Begitupun ketika hidup\r\nseseorang susah ketika di dunia, hal itu didak lantas menutup kemungkinan untuk\r\nberbahagia di kehidupan yang akan datang, seperti pertemuan setelah perpisahan,\r\nbersabar terhadap ujian, meninggal dalam memperjuangkan agama Allah SWT,\r\ndan kemenangan dalam peperangan."^^ . "2017-06-19" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13531172"^^ . "MUHAMMAD ASNA MAFAZA"^^ . "NIM. 13531172 MUHAMMAD ASNA MAFAZA"^^ . . . . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "13531172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #28418 \n\nSUKA DAN DUKA DALAM AL-QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .