@phdthesis{digilib2842, month = {July}, title = {EKSPERIMENTASI ROLE PLAY PADA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI LEMBAGA MADRASAH DIRASAH ISLAMIYAH DAN ARAB (MADINA) MLATI SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SARWADI NIM. 05420025 }, year = {2009}, note = {Pembimbing : DR. Ahmad Janan Asifudin, MA}, keywords = {Eksperimentasi, Role Play, Pembelajaran, Muhadatsah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2842/}, abstract = {Penelitian ini berusaha mengujicobakan dan membandingkan model pembelajaran role play dengan model pembelajaran yang ada disana untuk mengukapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan muhadatsah santri dilembaga Madrasah Dirasah Islamiyah Dan Arab. Serta untuk mengetahui tingkat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol mana yang lebih unggul. Role play merupakan salah satu model dari pembelajaran aktif, yaitu suatu teknik pembelajaran yang lebih menjadikan siswa sebagai subjek bukan objek. Berdasarkan teori pembelajaran aktif ini penulis menjadikan role play sebagai solusi terhadap masalah pengajaran di lembaga tersebut. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak dari seluruh populasi yaitu seluruh santri lembaga tersebut. Sample diambil dua kelas dari populasi yang ada yaitu kelas A1 sebagai kelas eksperimen dan A2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah sepuluh orang. Metode pengumpulan data yang di gunakan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument pengambilan data menggunakan tes secara lisan. Analisis data menggunakan quot;t quot; tes dengan cara membandingkan hasil post tes antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model role play pada kelompok eksperimen menunjukan prestasi hasil belajar muhadatsah lebih meningkat dari pada kelas kontrol. Dengan demikian pembelajaran muhadatsah mengunakan model role play mempunyai perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran yang ada dilembaga tersebut. } }