TY - THES N1 - Pembimbing : Dra.Hj.Afiyah, M.Si ID - digilib2844 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2844/ A1 - Rudi Anta Nugraha NIM. 04410767, Y1 - 2009/07/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektif atau tidaknya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bentuk-bentuk permasalahan siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta adalah sangat beragam seperti mabuk, membolos, sering tidak masuk tanpa keterangan, merokok di lingkungan sekolah, berbohong kepada guru, orang tua, dan sebagainya, 2) Tindakan yang dilakukan oleh guru PAI dalam membimbing siswa bermasalah di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta adalah: a.Dengan pendekatan personal yaitu dipanggil diajak berbicara dengan diberi kebebasan untuk berbicara dan berpikir untuk mengungkapkan permasalahannya, kemudian ditanya latar belakang masalah tersebut dan mendengarkan segala keluhan siswa tersebut dengan penuh perhatian dan kasih sayang, b. Dengan cara dinasehati dan diberi peringatan serta pengarahan dengan menciptakan suasana yang nyaman dan tenang, c. Dengan terus dipantau perkembangannya apakah ada kemajuan atau tidak apabila anak sudah dapat dibina dengan baik maka di beri penghargan semacam sanjungan dan kalu belum bisa berubah maka akan terus dibimbing dan kalau memang sudah tidak bisa maka bisa sampai pada tahap pengeluaran, 3) Efektifitas guru PAI dalam membimbing siswa bermasalah di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta adalah sudah dianggap cukup efektif karena sesuai dengan teori yang digunakan yaitu dalam teori kebutuhan manusia menurut Maslow, guru PAI sudah memenuhi kebutuhan siswa yaitu kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan kasih sayang, kebutuhan penghargaan, kebutuhan rasa ingin tahu, dan kebutuhan aktualisasi diri, 4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI, kepala sekolah maupun guru BK dalam membimbing siswa bermasalah di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta adalah: a.Kurangnya kepedulian dari pihak orang tua terhadap perkembangan moral siswa, keluarga yang acuh tak acuh, terbukti dari kurangnya silaturahmi dari orang tua kepada sekolah, b.Keluarga yang tidak sehat atau broken home sehingga anak kurang diajak sharing dan berkomunikasi, c.Dari pihak sekolah terkadang merasa terlambat dalam menangani siswa yang bermasalah, d.Partisipasi siswa yang kurang terhadap program kegiatan pembinaan moral siswa yang ada di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Efektivitas KW - Guru KW - Pendidikan Agama Islam KW - Siswa Bermasalah M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING SISWA BERMASALAH DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA AV - restricted ER -