@phdthesis{digilib2845, month = {July}, title = {AL-AKHTHA' FI TARJAMAH AL JUMLAH AL-FI'LIYAH WA AL-NA'AT WA AL-IDHOFAH FI KITAB AL-SYABAB WA AUQAT AL-FARAGH LI AHMAD HASAN KARZOUN (DIRASAH TAHLILIYAH WASFIYAH) }, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { MUHAMMAD NASHIRUDDIN - NIM. 03111247 }, year = {2009}, note = {PEMBIMBING: MOH. KANIF ANWARI, S.AG, M.AG}, keywords = {tata bahasa arab, gramatika Arab, sastra, jumlah fi{\~A}?{\^a}??{\^a}??liyah, na{\~A}?{\^a}??{\^a}??at, dan idhafah, Ahmad Hasan Karzoun }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2845/}, abstract = { ABSTRAK Jumlah fi{\~A}?{\^a}??{\^a}??liyah, na{\~A}?{\^a}??{\^a}??at, dan idhafah merupakan bentuk dasar gramatika Arab. Sehingga bentuk-bentuk ini sangatlah sering keluar dalam teks-teks, baik itu teks ilmiah maupun teks sastra. Meskipun ini adalah bentuk-bentuk dasar, tapi terkadang ada kesalahan dalam menerjemahkan bentuk-bentuk ini ke dalam bahasa Indonesia. Misalnya kesalahan dalam menerjemahkan fa{\~A}?{\^a}??{\^a}??il ke dalam bentuk maf{\~A}?{\^a}??{\^a}??ul bih. Hal ini tentunya membuat terjadinya penyelewengan, sehingga maksud dari teks asli tidak tersampaikan secara baik. Penelitian ini adalah penelitian tentang kesalahan penerjemahan jumlah fi{\~A}?{\^a}??{\^a}??liyah, na{\~A}?{\^a}??{\^a}??at, dan idhafah dalam buku {\~A}?{\^a}??{\r A}?Remaja dan Waktu Luang{\~A}?{\^a}??{\^A} karya Ahmad Hasan Karzoun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan bentuk kesalahan penerjemahan jumlah fi{\~A}?{\^a}??{\^a}??liyah, na{\~A}?{\^a}??{\^a}??at, dan idhafah kemudian menganalisa kesalahan tersebut. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil total 107 pembahasan yaitu 56 pembahasan dalam penerjemahan jumlah fi{\~A}?{\^a}??{\^a}??liyah, 24 pembahasan dalam penerjemahan na{\~A}?{\^a}??{\^a}??at, dan 27 pembahasan dalam penerjemahan idhafah. Dari pembahasan tentang kesalahan-kesalahan penerjemahan ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga bentuk, yaitu kesalahan dalam memahami makna leksikal, kesalahan dalam memahami gramatika bahasa teks sumber dalam hal jumlah fi{\~A}?{\^a}??{\^a}??liyah, na{\~A}?{\^a}??{\^a}??at, dan idhofah, dan kesalahan karena mengurangi kata atau kalimat. } }