eprintid: 2846 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/28/46 datestamp: 2012-09-03 12:29:03 lastmod: 2012-09-03 12:29:55 status_changed: 2012-05-04 16:43:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti Sakinatul Muflihah NIM. 04410680, title: UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KALIANGKRIK MAGELANG ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Guru Fiqih, Motivasi, Belajar, Siswa note: Pembimbing : Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang tujuan memotivasi belajar Fiqih dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajarnya, terutama siswa kelas VIII di MTs Negeri Kaliangkrik Magelang, serta hasil yang dicapai dari upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih. Hasil Penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh guru Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Kaliangkrik Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan memotivasi belajar Fiqih adalah untuk memberikan dorongan yang kuat kapada para siswa di kelas VIII dalam menekuni bidang studi Fiqih, serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan hukum-hukum yang berlaku. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar antara lain adalah dengan menyajikan dan menyampaikan materi Fiqih menjadi menarik bagi siswa, menciptakan suasana senang dan semangat untuk belajar Fiqih, menciptakan suasana tidak tegang, budaya takut dan malu-malu dalam proses belajar mengajar Fiqih, menumbuhkan dan membangkitkan perasaan ingin tahu pada diri siswa, memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa, menciptakan kondisi atau proses yang mengarahkan siswa melakukan aktivitas belajar, memperhatikan dan memenuhi kebutuhan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki gaya kepemimpinan dan teladan, serta pribadi yang baik sebagai guru Fiqih, mendorong siswa untuk mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat dan memberikan pujian, ganjaran atau hadiah. (3) Hasil dari upaya guru Fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Kaliangkrik Magelang adalah siswa memiliki semangat dan motivasi yang cukup untuk belajar Fiqih. date: 2009-07-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-22 12:03:47 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitisakina-2549-1-sitisak-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/51/digilib-uinsuka--sitisakina-2549-1-sitisak-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2939 ; nama file lama : SITI SAKINATUL MUFLIHAH 04410680 UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KALIANGKRIK MAGELANG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1763810 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Siti Sakinatul Muflihah NIM. 04410680, (2009) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KALIANGKRIK MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2846/10/small.jpg