%0 Thesis %9 Skripsi %A SIDIQ FATONAH NIM : 05410054, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:2847 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Anak Bermasalah, Alexander Sutherland Neill, Pendidikan Islam %T KONSEP PENANGANAN ANAK BERMASALAH MENURUT ALEXANDER SUTHERLAND NEILL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2847/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Penanganan Anak Bermasalah menurut Alexander Sutherland Neill dan Implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menarik dikaji karena isu mengenai anak quot;bermasalah quot; atau anak nakal semakin merebak di dunia pendidikan Indonesia, dan sampai saat ini belum ditemukan penanganan yang sesuai sehingga anak-anak bermasalah belum mendapatkan tempat yang layak, mereka terusir dari sekolah, masyarakat, bahkan keluarga, dan hanya bui yang mau menerima mereka. Permasalahan ini juga melanda dunia pendidikan di negara-negara lain sejak Perang Dunia Dua, Alexander Sutherland Neill seoarng Scotlandia menawarkan solusi bagi permasalahan ini dengan membangun sekolah alternatif yang membebaskan di Inggris, dan tulisan-tulisannya yang mampu mengubah pola pikir masyarakat tentang anak nakal dalam buku Summerhill School. Permasalahan-permasalahan anak yang dituangkan dalam buku tersebut tidak jauh berbeda dengan permasalahan yang dihadapi pendidikan di Indonesia, sehingga dapat terumus permasalahan-permasalahan sebagai berikut: apa konsep Alexander Sutherland Neill tentang penanganan anak bermasalah dalam buku Summerhill School? Bagaimana implikasi konsep penanganan anak bermasalah menurut Neill terhadap pendidikan Islam? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan hermeneutika, pengumpulan datanya menggunakan metode deskripsi, interpretasi, dan analisis, yang akhirnya adalah memberikan kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif content analisis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal secara garis besar metode pembahasan penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutika dan psikologi khususnya psikologi abnormal. Menurut Alexander Sutherland Neill 1) Anak lahir dengan membawa potensi baik, realistis dan bijaksana, tidak ada anak nakal yang ada hanyalah anak yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tumbuh dewasa secara sosial, dan anak yang kurang kasih sayang. Lingkungan yang mengekang kebebasan mereka-lah yang menjadikan mereka quot;bermasalah quot;. Untuk menangani anak-anak quot;bermasalah quot; penderita neurosis neill menggunakan analisis, dan dengan memberikan kebebasan dan kasih sayang bagi anak nakal. 2) Strategi ini relevan bila diterapkan di Indonesia khususnya pendidikan Islam, karena pada dasarnya pendidikan Islam bersifat dialogis dan demokratis, dengan membentuk suatu lembaga pendidikan Islam yang membebaskan maka, permasalahn mengenai anak nakal, dan permasalahan pendidikan lainnya dapat terselesaikan. %Z Pembimbing : Muqowim, M.Ag.