TY - THES N1 - Dra. Marfuah Sri Sanityastuti, M.Si ID - digilib28523 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28523/ A1 - Abdul Hakim Agung Nugroho, NIM. 12730047 Y1 - 2017/05/19/ N2 - Budaya populer adalah budaya yang bersifat produksi, artistik dan komersial, diciptakan sebagai konsumsi massa dapat diproduksi kembali serta dapat digunakan untuk mengekspresikan juga memahami selera masyarakat luas. Budaya populer jepang sangat beragam, ia merepresentasikan cara hidup yang dinikmati dan dimiliki oleh orang pada umumnya. Beberapa elemen dari budaya pop jepang yang terkenal diseluruh dunia termasuk fashion, film anime, televisi, musik, manga. Dalam konsumsi budaya populer film anime seperti yang disebutkan diatas, seringkali cenderung terbentuk kelompok atau komunitas penggemar, atau yang disebut dengan fandom. Berdasarkan uraian diatas dan untuk lebih terfokusnya pembahasan yang akan diteliti, maka penulis merumuskan batasan-batasan permasalahan bagaimana resepsi anime ditelevisi dan motivasi menjadi cosplayer? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana resepsi anime ditelevisi dan motivasi menjadi cosplayer pada komunitas anime otaku yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif pada komunitas anime otaku yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model encoding-decoding stuart hall yang dapat dilihat melalui persepsi, pemikiran, interpretasi dan motivasi menjadi cosplayer yang dapat dilihat melalui kebutuhan, Tingkah laku, Tujuan. Lalu kemudian hasil yang didapatkan akan dikategorisasikan berdasarkan pola pemikiran khalayak yakni dominant reading, negotiated reading, dan oppotional reading. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi para informan dari tayangan anime di televisi menimbulkan motivasi pada dirinya untuk menjadi cosplayer. Seperti pada unit kebutuhan, para informan membutuhkan media sebagai penunjang motivasi pada dirinya untuk mencintai cosplay, dimana para informan disini dulunya membutuhkan media televisi untuk mengonsumsi anime sebagai bahan untuk bercosplayer. Dari unit tingkah laku sendiri, pengalaman sebelum mencintai cosplay didukung dengan pengalaman setelah menyukai cosplay yang dirasa para informan memberikan dampak positif pada masing-masing informan. Dari unit Tujuan sendiri, para informan disini memiliki tujuan menjadi cosplayer sendiri dirasa hanya untuk menyalurkan hobinya dan bersenang-senang semata. Kata Kunci: Analisis Resepsi,Anime di televisi, Motivasi. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Analisis Resepsi KW - Anime di televisi KW - Motivasi. M1 - skripsi TI - ANALISIS RESEPSI ANIME DI TELEVISI MENIMBULKAN MOTIVASI MENJADI COSPLAYER (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Anime Otaku Yogyakarta) AV - restricted EP - 164 ER -