eprintid: 28552 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/85/52 datestamp: 2017-12-04 00:49:02 lastmod: 2017-12-04 00:49:02 status_changed: 2017-12-04 00:49:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD NAZIH MUSHOFFA, NIM. 11680028 title: KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI SUNGAI WINONGO DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MODUL BIOLOGI BERMUATAN PENDIDIKAN KONSERVASI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Sungai Winongo, Keanekaragaman Capung, Modul, Potensi Lokal note: Eka Sulistiyowati, M.A. M.IWM. abstract: Sungai Winongo memiliki potensi lokal yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Salah satu potensi lokal Sungai Winongo adalah capung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman capung Sungai Winongo, mengetahui pengemasan keanekaragaman capung Sungai Winongo dalam bentuk modul dan mengetahui kualitas modul keanekaragaman capung bermuatan pendidikan konservasi. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman capung di Sungai Winongo dan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan dibatasi ADDE, tanpa implementasi. Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, media, bahasa, guru biologi dan 15 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Berdasarkan nilai indeks keanekaragaman Shannon-Wiener tingkat keanekaragaman capung di Sungai Winongo termasuk kategori sedang. Nilai indeks rata-rata dari tiga stasiun (hulu, tengah, dan hilir) sebesar 1,87 dan ditemukan 20 spesies capung dari 8 famili. Hasil penelitian keanekaragaman capung Sungai Winongo selanjutnya dikembangkan menjadi penelitian pengembangan. Adapun produk yang dihasilkan adalah modul keanekaragaman capung bermuatan pendidikan konservasi. Hasil penilaian terhadap modul keanekaragaman capung Sungai Winongo bermuatan pendidikan konservasi menurut ahli materi 76% (Baik), ahli media 84,34% (Sangat Baik), ahli bahasa 80% (Baik), peer reviewer 91,07% (Sangat Baik), guru 80% (Baik), dan respon siswa 80,34% (Baik). Berdasarkan penilaian tersebut, modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa SMA/MA. date: 2017-05-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AHMAD NAZIH MUSHOFFA, NIM. 11680028 (2017) KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI SUNGAI WINONGO DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MODUL BIOLOGI BERMUATAN PENDIDIKAN KONSERVASI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28552/2/11680028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28552/1/11680028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf