eprintid: 2856 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/28/56 datestamp: 2012-09-03 14:37:00 lastmod: 2012-09-03 14:37:46 status_changed: 2012-05-04 16:43:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amina Rahmawati NIM. 03410066, title: PERAN KOMITE SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Peran, Komite, Sekolah, SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta note: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan baru dari pemerintah yaitu berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 pasal 56 dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 044/U/2002 tentang pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Dan hal tersebut segera direalisasikan oleh SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Komite sekolah sebagai suatu inovasi dan kreatifitas sekolah untuk memfasilitasi peran komite sekolah. Komite sekolah memiliki empat peran yakni sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator. Peran tersebut yang sedang menjadi pembahasan dalam pelaksanaannya di tiap sekolah, karena komite sekolah memiliki peran yang berat untuk membantu sekolah dalam meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Dalam menjalankan perannya, komite sekolah berusaha untuk melaksanakan secara seimbang dari ke empat perannya tersebut. Hal ini tidak terkecuali di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta, yang juga memiliki komite sekolah sejak di keluarkannya keputusan dari pemerintah tentang pembentukan komite sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah komite sekolah, Kepala Sekolah dan Guru SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini meggunakan proses berpikir induktif, cara berpikir induktif dimulai dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang konkret kemudian dari fakta dan peristiwa tersebut ditarik persamaannya yang bersifat umum. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) adanya kebijakan dari pemerintah tentang pembentukan komite sekolah telah direalisasikan oleh SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta, (2) komite sekolah SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta telah menjalankan perannya dalam membantu sekolah untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan. Beberapa upaya yang di lakukan komite sekolah yaitu : 1) memberikan pertimbangan dan masukan dalam kegiatan, program dan kebijakan sekolah, 2) pengadaan sarana dan prasarana, 3) mengontrol kinerja guru dan hasil belajar peserta didik, 4) menjalin kerjasama dengan semua stakeholder pendidikan. (3) Kendala yang dihadapi komite sekolah yakni sulitnya menentukan waktu secara bersamaan karena kesibukan masing-masing serta kurang maksimalnya komunikasi intern anggota komite sekolah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah terjalinnya kerjasama yang baik dengan semua pihak serta mayoritas anggota komite merupakan orang-orang yang bekerja dilingkup pendidikan. date: 2009-07-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-22 13:44:08 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--aminarahma-2558-1-aminara-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/52/digilib-uinsuka--aminarahma-2558-1-aminara-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2948 ; nama file lama : AMINA RAHMAWATI 03410066 PERAN KOMITE SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1535669 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Amina Rahmawati NIM. 03410066, (2009) PERAN KOMITE SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2856/10/small.jpg