eprintid: 2861 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/28/61 datestamp: 2012-09-03 19:34:24 lastmod: 2012-09-03 19:35:45 status_changed: 2012-05-04 16:43:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NASRUDIN NIM. 05410137, title: METODE PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM KITAB IZAT AN-NASYIIN KARYA MUSTAFA AL-GALAYAINI ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Pendidikan, Nasionalisme, Kitab, Izat An-Nasyiin, Mustafa al-Galayaini note: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai metode pendidikan nasionalisme Mustafa al-Galayaini dalam Kitab Izat an-AN-NASYIIN. Serta mengungkap bagaimana peran pendidikan Islam dalam menumbuhkan nasionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan filosofis-historis, yaitu sebuah pendekatan yang terkait erat dengan kegiatan refleksi. Yaitu merefleksikan metode-metode pendidikan nasionalisme Mustafa al-Galayaini dalam Kitab‚Izat AN-NASYIIN. Pendekatan historis digunakan untuk mengkaji kondisi eksternal dan internal Mustafa al- Galayaini dalam rangka mengungkap pemikirannya tentang metode pendidikan nasionalisme. Pengumpulan datanya dilakukan dengan penelaahan dokumen/ manuskrip/ bahan pustaka/ literatur. Adapun pisau analisis yang digunakan adalah deskriptif analitis yang diakhiri dengan logika Aristotelian: induktif dan deduktif, yang dipadukan dengan koherensi internal. Hasil penelitian menunjukkan: (1) masalah metode pendidikan nasionalisme harus menjadi perhatian serius bagi guru (yang berkepentingan) dan dunia pendidikan. Sebab nasionalisme merupakan kunci untuk meraih cita-cita bangsa serta kunci dalam menghadapi masalah-masalah bangsa. Tanpa nasionalisme suatu bangsa akan punah. Metode pendidikan nasionalisme berbeda dengan metode-metode pendidikan pada umumnya. Metode pendidikan nasionalisme harus mampu mengakomodir langkah-langkah pengembangan intelektual (kognitif), afektif, dan psikomotorik yang diwujudkan dalam perubahan sikap dan perbuatan menurut tuntunan Pancasila. Pada bagian ini, tidak dibenarkan pendidikan nasionalisme melalui kekerasan, indoktrinasi, dan hafalan-hafalan (2) pendidikan Islam memiliki peran yang amat penting dalam menumbuhkan nasionalisme dan menjaga integritas bangsa. Melalui pendidikan Islam, diharapkan lahir generasi-generasi bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kretaif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Hal ini sangat mungkin terjadi, mengingat pendidikan Islam, disamping mengajarkan pengetahuan juga mendidikkan nilai-nilai/ moralitas. Pendidikan nasionalisme dapat dilakukan dengan menjadikan PAI berwawasan kebangsaan. Dengan pendekatan integrasi dan interkoneksi. date: 2009-07-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-22 14:30:17 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nasrudinni-2563-1-nasrudin-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/52/digilib-uinsuka--nasrudinni-2563-1-nasrudin-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2952 ; nama file lama : NASRUDIN 05410137 METODE PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM KITAB IZAT AN-NASYIIN KARYA MUSTAFA AL-GALAYAINI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 978851 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NASRUDIN NIM. 05410137, (2009) METODE PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM KITAB IZAT AN-NASYIIN KARYA MUSTAFA AL-GALAYAINI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2861/10/small.jpg