%0 Journal Article %@ 2085-0034 %A Khoirunisa, Anna %A HIDAYAT, Nur %D 2017 %F digilib:28610 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %J AL BIDAYAH %K Akhlak, Metode Pembiasaan, Moral, Habituation Method %N No. 2 %P 85-99 %T PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28610/ %V Vol. 9 %X ABSTRAK Zaman modern ini, anak-anak sejak dini harus mendapatkan perhatian lebih serius. Terutama dalam pendidikan akhlak, agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman sehingga dapat tumbuh dewasa menjadi generasi yang sholih dan sholihah. Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa dan bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak terpuji siswa melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) bagaimana implementasi pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) apa faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dapat ditarik kesimpulan. Kata Kunci: Akhlak, Metode Pembiasaan [INDONESIA] This modern age, children from early on should get more serious attention. Especially in moral education, so that they do not become children who are weak in faith so they can grow up to become a generation who sholih and sholihah. The issues raised in this article is how the process of planning the morals of students and how the implementation of methods of habituation in the guidance of morals students. This study aims to determine the extent to which the process of fostering morality students through the method of habituation habituation. The problems studied in this research are: (1) how the process of planning of morals of students through the method of habitation in MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) how the implementation of moral coaching students through the method of habitation in MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) what factors which become obstacles in the moral development of students through the method of habitation in MI Wahid Hasyim Yogyakarta. This type of research is a qualitative research by taking the location in MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Data collection is done by conducting observations, interviews and documentation. Data analysis is done by giving meaning to the data collected, and can be drawn conclusion. Keywords: Moral, Habituation Method