TY - THES N1 - Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd ID - digilib28620 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28620/ A1 - TRI PUJI LESTARI, NIM. 13480073 Y1 - 2017/05/30/ N2 - Tri Puji Lestari, 2017. Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik Kelas V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Latar belakang penelitian ini adalah di Indonesia UKG (Uji Kompetensi Guru) sangat pasif hanya berdasarkan ujian tes tertulis tanpa memperhatikan keterampilan guru dalam proses pembelajaran dan di SD Muhammadiyah Bodon ada seorang guru yang memiliki banyak prestasi dan memiliki kapasitas sehingga peneliti ingin mengetahui keterampilan guru tersebut dalam berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga nantinya penelitian ini bisa dijadikan acuan bagi guru-guru yang lain dalam berinteraksi dengan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik Kelas V-A dan Faktor pendukung dan penghambat Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta didik kelas V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SD Muhammadiyah Bodon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru dalam berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik meliputi berbagai hal diantaranya adalah Persiapan pra pembelajaran, keterampilan dasar mengajar (keterampilan bertanya, keterampilan member penguatan, keterampilan mengajar kelompok kecil atau perorangan, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengadakan variasi), pola interaksi, efektivitas pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik, memberikan motivasi, strategi komunikasi, Penilaian yang lebih bersifat multi aspek/majemuk. Semua hal tersebut sebagaian besar sudah diterapkan dengan baik oleh guru, sehingga dapat dikatakan bahwa guru kelas V-A adalah guru yang terampil berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik. Faktor penghambat dan pendukung keterampilan guru berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik kelas V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul tahun ajaran 2016/2017 yaitu faktor guru, peserta didik, faktor sarana dan prasarana, faktor lokasi sekolah. Faktor penghambat yaitu faktor pembelajaran tematik yang materinya membingungkan dan sering diulang-ulang dan faktor waktu pembelajaran yang hanya satu kali pertemuan dalam seminggu sehingga materi pembelajaran sering tidak selesai tepat waktu. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Interaksi Edukatif KW - Pembelajaran tematik KW - Keterampilan mengajar M1 - skripsi TI - KETERAMPILAN GURU BERINTERAKSI DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -