%A NIM. 13480075 YUNITA ARIYASTUTI %O Dr. Andi Prastowo, S. Pd. I. M. Pd. I. %T IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN %X Yunita Ariyastuti, "Identifikasi Miskonsepsi IPA Menggunakan Soal Esai Bagi Siswa Cerdas Istimewa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) miskonsepsi apa saja yang terjadi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Cerdas Istimewa di SD Muhammadiyah Condongcatur, (2) apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Cerdas Istimewa di SD Muhammadiyah Condongcatur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara mengadakan identifikasi miskonsepsi IPA menggunakan soal esai terhadap siswa kelas Cerdas Istimewa IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: partisipasi siswa kelas Cerdas Istimewa IPA dalam menjawab soal esai, hasil wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) miskonsepsi IPA yang terjadi pada siswa Cerdas Istimewa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman pada konsep bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan dengan presentase 62,5%, 37,5%, dan 37,5%, miskonsepsi pada konsep gaya sebesar 25% dan 12,5% (2) ditemukannya faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu siswa sendiri, dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, kurangnya keseriusan dalam mengerjakan soal dan soal yang diberikan jika dikategorikan dalam soal pembinaan Olimpiade Sains Nasional masih pada level soal yang biasa atau mudah (karena msih konsep dasar). %K Identifikasi, Miskonsepsi, IPA, Siswa Cerdas Istimewa. %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib28622