eprintid: 28626 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/86/26 datestamp: 2017-12-13 03:38:37 lastmod: 2017-12-13 03:38:37 status_changed: 2017-12-13 03:38:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISWATUN KHOIRIAH, NIM. 13480090 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELAS IV SD/MI ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran, aplikasi android, bangun ruang note: Luluk Mauluah M.Si., M.Pd. abstract: Iswatun Khoiriah, "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Materi Bangun Ruang Untuk Kelas IV SD/MI". Skripsi. Yogyakarta, Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran melalui media pembelajaran diharapkan lebih efektif mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android materi bangun ruang untuk kelas IV SD/MI, memperoleh kelayakan media pembelajaran matematika berbasis berbasis android materi bangun ruang untuk kelas IV SD/MI, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis berbasis android materi bangun ruang untuk kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ini adalah ADDIE dengan prosedur pengembangan meliputi lima tahap, yaitu: analisis, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi. Instrumen penilaian adalah lembar angket untuk uji kualitas produk media aplikasi android materi bangun ruang. Penilaian kualitas produk media pembelajaran matematika berbasis android materi bangun ruang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru dan respon dari 10 siswa kelas IV SD. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis android materi bangun ruang untuk kelas IV SD/MI dengan kelayakan sesuai hasil penilaian ahli materi kategori Sangat Baik (SB) dengan skor 48 dari skor maksimal 50 dan persentase 96%, penilaian ahli media kategori Sangat Baik (SB) dengan skor 47 dari skor maksimal 50 dan persentase 94%, penilaian dari guru kategori Sangat Baik (SB) dengan skor ratarata 64 dari skor maksimal 70 dan persentase 91,4%, penilaian dari peer reviewer kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 67 dari skor maksimal 70 dan persentase 95,7% dan hasil respon siswa diperoleh jumlah rata-rata 7,6 dari skor maksimal 8,0 dengan persentase 95%. Dengan demikian dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk kelas IV SD/MI. date: 2017-05-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ISWATUN KHOIRIAH, NIM. 13480090 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28626/2/13480090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28626/1/13480090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf