%0 Journal Article
%@ 2085-0034
%A Sriwulan, Agus
%D 2017
%F digilib:28649
%I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
%J AL BIDAYAH
%K Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan  sosial siswa, Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’  social skills
%N No. 2
%P 11-20
%T PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SIMULTANEOUS  ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN  KETERAMPILAN SOSIAL SISWA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28649/
%V Vol. 9
%X This study aims to describe the implementation of Simultaneous RoundTable model  of cooperative model to improve students’ social skills in Tunjungsekar 5 Elementary  School Malang. This type of research is a Classroom Action Research consist of 2  cycles. Each cycle consists of four stages, planning, implementation, observation, and  reflection. The subjects of this research are 25 students in II B class of Tunjungsekar  5 Elementary School Malang year 2015/2016. Data on students’ social skills are  collected through observation sheets and interviews. The collected data then analyzed  by using qualitative descriptive analysis technique. In the first cycle, the percentage  of social skills of students by 55% and experienced a significant increase in cycle II of 87%. Based on the results of this study, students ‘social skills are enhanced through  the application of Simultaneous RoundTable model of cooperation which includes  sub aspect (1) the ability to communicate with other students, (2) make friendship  with peers, (3) listen to friends’ opinions, (4) giving and receiving criticism from  others, and (5) giving or receiving feedback.  Keywords: Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’  social skills  [INDONESIA]  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe  Simultaneous RoundTable untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SDN  Tunjungsekar 5 Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu  tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas II B SDN Tunjungsekar 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016  yang berjumlah 25 orang. Data tentang keterampilan sosial siswa dikumpulkan  melalui lembar observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian  dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus I,  persentase keterampilan sosial siswa diperoleh hasil sebesar 55% dan mengalami  peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian  ini, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui penerapan  model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable yang mencakup sub aspek (1)  kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain, (2) menjalin hubungan pertemanan  dengan teman sebaya, (3) mendengarkan pendapat teman, (4) memberi dan menerima  kritik dari orang lain, dan (5) memberi atau menerima umpan balik.  Kata Kunci: Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan  sosial siswa