%A Agus Sriwulan
%J AL BIDAYAH
%T PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SIMULTANEOUS
ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN SOSIAL SISWA
%X This study aims to describe the implementation of Simultaneous RoundTable model
of cooperative model to improve students’ social skills in Tunjungsekar 5 Elementary
School Malang. This type of research is a Classroom Action Research consist of 2
cycles. Each cycle consists of four stages, planning, implementation, observation, and
reflection. The subjects of this research are 25 students in II B class of Tunjungsekar
5 Elementary School Malang year 2015/2016. Data on students’ social skills are
collected through observation sheets and interviews. The collected data then analyzed
by using qualitative descriptive analysis technique. In the first cycle, the percentage
of social skills of students by 55% and experienced a significant increase in cycle II of 87%. Based on the results of this study, students ‘social skills are enhanced through
the application of Simultaneous RoundTable model of cooperation which includes
sub aspect (1) the ability to communicate with other students, (2) make friendship
with peers, (3) listen to friends’ opinions, (4) giving and receiving criticism from
others, and (5) giving or receiving feedback.
Keywords: Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’
social skills
[INDONESIA]
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe
Simultaneous RoundTable untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SDN
Tunjungsekar 5 Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas II B SDN Tunjungsekar 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016
yang berjumlah 25 orang. Data tentang keterampilan sosial siswa dikumpulkan
melalui lembar observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus I,
persentase keterampilan sosial siswa diperoleh hasil sebesar 55% dan mengalami
peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian
ini, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui penerapan
model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable yang mencakup sub aspek (1)
kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain, (2) menjalin hubungan pertemanan
dengan teman sebaya, (3) mendengarkan pendapat teman, (4) memberi dan menerima
kritik dari orang lain, dan (5) memberi atau menerima umpan balik.
Kata Kunci: Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan
sosial siswa
%N No. 2
%K Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan
sosial siswa, Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’
social skills
%P 11-20
%V Vol. 9
%D 2017
%I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib28649