TY - THES N1 - Pembimbing : Karwadi M. Ag ID - digilib2868 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2868/ A1 - SRI LESTARI NIM. 04410668, Y1 - 2012/08/08/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial budaya yang mewarnai pendidikan anak dalam keluarga dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat nilai sosial budaya yang mewarnai pendidikan agama bagi anak dalam keluarga. Metode penelitian ini adalah (1) penelitian kualitatif deskriptif serta menggunakan pendekatan psikologi agama, (2) Metode penentuan subyek (ibu Siska, Farida, Ria, Nela) dan obyek di dusun Kutuwates (3) metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini berupa deskripsi analisis tentang nilai sosial budaya yang berkembang dalam keluarga yang mewarnai pendidikan agama bagi anak. Para keluarga dalam mendidik anak menginginkan anaknya untuk berjiwa religius dan sosial budaya tetapi para orang tua belum mampu menjalankan kewajiban orang tua yaitu mendidik anak. Dalam pengajaran kurang maksimal karena orang tua sendiri masih malas beribadah apalagi menerapkan ibadah kepada anaknya. Sehingga harapan pun hanya sebuah impian yang belum mewujudkan hal-hal yang diinginkan sesuai dengan syariat agama. Proses nilai sosial budaya dengan adanya faktor pendukung dan penghambat pendidikan bagi anak yang mewarnai transformasi pendidikan melalui faktor keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan pergaulan, media, kontrol sosial dan sarana sangat mempengaruhi jiwa perkembangan mereka dengan dampak yang positif dan negatif. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Agama KW - Tafsir KW - Nilai KW - Sosial KW - Budaya KW - Pendidikan Anak KW - Keluarga M1 - skripsi TI - AGAMA DALAM MENAFSIRKAN NILAI SOSIAL BUDAYA BAGI PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA (Studi Kasus di Dusun Kutuwates Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta) AV - restricted ER -