TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag ID - digilib2872 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2872/ A1 - Nurul Adinna NIM. 05410028, Y1 - 2009/07/23/ N2 - Dalam hal memperoleh pendidikan, anak tunagrahita memiliki hak yang sama dengan anak yang normal, ini tercantum pada undang-undang No. 4 tahun 1997. Sedangkan yang melandasi bahwa pendidikan akhlak itu penting diajarkan, tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. Di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita quot;Kartini quot; Temanggung terdapat pembelajaran akhlak, dan yang ditekankan di sana adalah pembelajaran akhlak dalam keluarga karena nantinya anak tunagrahita akan kembali kepada keluarganya masing-masing. Adapun dalam setiap pembelajaran pasti terdapat metode yang digunakan oleh guru. Dengan melihat peserta didik yang memiliki kecerdasan terbatas, tentu seorang guru mendesain metode yang khusus sehingga materi yang diberikan dapat diserap oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Metode Pembelajaran Materi Akhlak dalam Keluarga pada Anak Tunagrahita Kelas Lanjut di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita quot;Kartini quot; Temanggung dan pelaksanaan metode tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan metode pada materi akhlak dalam keluarga bagi anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita quot;Kartini quot; Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode yang digunakan adalah ceramah, pemberian contoh, tanya jawab, praktek, bermain dan tugas terbimbing. (2) Dalam pelaksanaannya metode-metode tersebut dilakukan berkolaborasi seperti metode ceramah, pemberian contoh, dan tanya jawab. Adapun pelaksanaan metode-metode dilakukan kolaborasi agar dalam pembelajaran materi akhlak dalam keluarga tidak membosankan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Metode Pembelajaran KW - Akhlak KW - Keluarga KW - TunaGrahita M1 - skripsi TI - METODE PEMBELAJARAN MATERI AKHLAK DALAM KELUARGA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS LANJUT DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA KARTINI TEMANGGUNG AV - restricted ER -