<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI"^^ . "Seperti kebudayaan lain, Minangkabau memiliki ajaran tersendiri yang\r\ndipercaya anggota masyarakatnya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Ajaran\r\ntersebut disampaikan lewat berbagai cara, mulai dari cerita tutur hingga sumber\r\ntertulis. Sumber-sumber tersebut tersebar dan selanjutnya dikenal sebagai kaba,\r\ntambo, pepatah-petitih hingga nasehat-nasehat. Tokoh adat, ulama, dan orang pandai\r\nMinangkabau terbiasa menggunakan medium tersebut untuk menyelipkan pesan\r\nmoral serta menerangkan langkah dan tujuan hidup yang selayaknya dijalani orang\r\nMinangkabau. Salah satu tokoh adat, juga ulama, yang menggunakannya adalah\r\nSyekh Sulaiman Arrasuli (1871-1970), atau yang dikenal dengan panggilan Inyiak\r\nCanduang.\r\nSalah satu karya Inyiak Canduang adalah Pedoman Hidup di Alam\r\nMinangkabau (1939). Karya yang dikenal dengan Kisah Muhammad Arif ini sebagian\r\nbesar berisi nasehat seorang ibu kepada anak-anaknya yang beranjak dewasa. Karya\r\nInyiak Canduang ini amat cocok untuk diteliti guna mendapatkan gambaran\r\nkeutamaan hidup di alam Minangkabau. Mengetahui keutamaan ini adalah syarat\r\ndalam merumuskan langkah yang tepat untuk meraih tuah sakato, sebuah konsep\r\nkebahagian dalam hidup Minangkabau.\r\nDalam meneliti karya ini, penyusun akan melakukan studi kepustakaan\r\ndengan mempertanyakan; Apakah konsep keutamaan hidup manusia Minangkabau?;\r\ndan Bagaimana konsep keutamaan hidup manusia Minangkabau dalam roman\r\nPedoman Hidup di Alam Minangkabau karya Syekh Sulaiman Arrasuli? Kedua\r\npertanyaan ini selanjutnya akan dijawab dengan pendekatan filosofis. Penulis akan\r\nmenggunakan teori virtue Aristoteles.\r\nAkhirnya, penulis menemukan bahwa konsep keutamaan hidup manusia\r\nMinangkau adalah; 1) Sebagai individu, memakaikan budi, baso-basi, dan rasopareso;\r\n2) Sebagai anggota komunal, ia menjalani hidup dengan prinsip bersama,\r\ntidak individualis, dan memiliki sikap malu; 3) Sebagai hamba, ia belaku selaras\r\ndengan alua dan patuik sebagai norma kehidupannya. Adapun dalam Pedoman Hidup\r\ndi Alam Minangkabau, penulis menemukan beberapa bentuk keutamaan, yaitu:\r\nPaham di kato-kato; Menghindari pengetahuan ensiklopedik; Komitmen dan\r\ndedikasi; Tidak tergesa-gesa dalam berpendapat (reflektif); dan Mufakat. Tiga bentuk\r\nkeutaman pertama adalah keutamaan dalam mencari ilmu pengetahuan, dan dua\r\nlainnya adalah keutamaan sebagai orang yang berpengetahuan di Minangkabau.\r\nKata kunci: Syekh Sulaiman Arrasuli, Keutamaan, Kisah Muhammad Arif,\r\nMinangkabau."^^ . "2017-08-09" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 09510006"^^ . "HILMAN FEBRI NANDA"^^ . "NIM: 09510006 HILMAN FEBRI NANDA"^^ . . . . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Text)"^^ . . . . . "09510006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Text)"^^ . . . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TUAN-TUAN NAN BATUAH;\r\nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA\r\nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM\r\nMINANGKABAU\r\nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #28730 \n\nTUAN-TUAN NAN BATUAH; \nANALISIS FILOSOFIS TENTANG KEUTAMAAN HIDUP MANUSIA \nMINANGKABAU DALAM ROMAN PEDOMAN HIDUP DI ALAM \nMINANGKABAU \nKARYA SYEKH SULAIMAN ARRASULI\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .