eprintid: 2874 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/28/74 datestamp: 2012-09-03 15:29:00 lastmod: 2024-04-25 03:28:19 status_changed: 2012-05-04 16:43:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ABAS, NIM. 05410145 title: PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR'AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran; Fiqih note: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Al-Qur'an Depokan Kota Gede Yogyakarta kelas Awwaliyah dengan menggunakan sudut pandang psikologi perkembangan kognitif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat ipergunakan untuk dasar dalam melakukan proses pembelajaran dengan melihat tahap perkembangan kognitif siswa. Penulis melakukan penelitian pada proses pembelajaran yang ada di Madrasah Diniyah tingkat Awwaliyah pada kelas 1, 2, 3, dan 4. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian dan sekaligus sebagai sumber data adalah Kepala sekolah, Guru Fiqih, Siswa-siswi Madrasah Diniyah, Proses pembelajaran Fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data Madrasah Diniyah Al-Qur'an Depokan Kotagede Yogyakarta, pada Diniyah Awaliyah kelas 1, 2, 3, dan 4. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Sebagian besar dalam pengajarannya guru menggunakan metode klasikal karena tidak tersedianya media ataupun sarana yang memadai di Madrasah, sehingga proses pembelajaran yang terjadi cenderung monoton. Padahal jumlah siswa dalam tiap kelas tidak terlalu banyak. Disamping itu guru juga kurang dapat memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswanya, sehingga dalam melakukan proses pembelajaran guru kurang mengarah pada pembentukan karakter siswa. Di usianya yang berkisar antara 7-12 tahu siswa berada dalam tahap operasional kongkrit. Dalam tahap ini siswa membutuhkan model pembelajaran yang mengarah pada pembentukan karakter siswa dengan cara belajar yang kongkrit menurut siswa. Siswa harus ikut aktif dalam melakukan pembelajaran. Pemahaman ini harus bisa dikuasai oleh seluruh guru yang mengajar, agar proses pembalajarannya sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa. Disamping guru harus memahmi akan tahap perkembangan kognitif siswanya, guru juga harus mengimplementasikan dalam bentuk pengajaran di kelas juga penggunaan media dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. date: 2009-11-17 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-11-17 14:47:31 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--abasnim054-3028-1-abas054-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/61/digilib-uinsuka--abasnim054-3028-1-abas054-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=3448 ; nama file lama : ABAS 05410145 PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR?AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1713829 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ABAS, NIM. 05410145 (2009) PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR'AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2874/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2874/2/BAB%20II%2C%20III.pdf