@phdthesis{digilib2880, month = {July}, title = {STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MA LABOLATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ALI HAFIDH NIM. 05420042}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. H Ahmad Rodli M,Pd}, keywords = {Strategi, Pembelajaran, Bahasa Arab, Kelas X MA}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2880/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi apa yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Laboratorium Fakults Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta untuk mengetahui pengaruh terhadap strategi yang digunakan oleh guru bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapakan akan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih bijak dalam menentukan strategi sesuai dengan materi dan tujuan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview ( wawancara), dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Yang mempengaruhi senang dan tidaknya siswa dalam pembelajaran bahasa arab salah satunya tergantung pada strategi yang digunakan guru dalam pengajarannya, adapun strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru di kelas X MA LFT UIN Sunan kalijaga bervariasi dan yang dapat peneliti tulis yaitu: Strategi Reading Aloud(Membaca keras): strategi ini digunakan oleh guru supaya siswa mau mendengarkan apa yang dibaca oleh guru dan siswa memperhatikannya,Strategi True or False (salah atau benar) strategi ini sistemya dua siswa disuruh maju kedepan dan ketika satunya membaca maka yang satunya mengoreksi apakah benar yang dibaca oleh temannya, jika salah maka siswa boleh menyalahkan dan disuruh membenarkan kesalahan temannya ,Strategi Peer Lesson (belajar dari teman) strategi ini tidak hanya di dalam kelas ketika pembelajaran bahasa Arab tapi juga di luar kelas seperti halnya ketika ada pekerjaan rumah siswa bisa memberitahu teman yang belum paham tentang pelajaran yang diajarkan di kelas. (2) Adapun pengaruh strategi di atas ketika digunakan yaitu ada siswa yang bersemangat untuk belajar bahasa Arab, ada juga siswa yang tidak peduli dengan pembelajaran bahasa Arab karena dia merasa bahwa bahasa Arab memang bahasa yang sulit, tapi guru terus berusaha supaya siswa senang dengan pelajaran bahasa arab dengan cara memberi motivasi terhadap siswa. Dan kebanyakan siswa yang tidak semangat dengan pelajaran bahasa Arab adalah siswa yang lulusan selain dari MTs dan pondok pesantren. } }