%0 Thesis %9 Skripsi %A Anisa Tamamah NIM. 05470067, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:2881 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K MInat, Belajar, Santri, TPA %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SANTRI TPA (Studi Kasus: TPA REMASBA Tegallayang IX Caturharjo Pandak Bantul Yogyakarta) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2881/ %X Penelitian bertujuan untuk mengetahui beberapa pengaruh yang menyebabkan santri belajar di TPA berdasarkan hasil analisis faktor, dan usaha-usaha yang harus dilakukan untuk menarik para santri agar berangkat ke TPA REMASBA Tegallayang IX. Dengan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan untuk mencari jalan keluar mengatasi turunnya minat santri dalam mengikuti pembelajaran di TPA, sebagai bahan masukan yang dapat membantu para ustadz-ustadzah untuk dapat mengembangkan TPA-nya, sebagai bahan evaluasi bagi ustadz-ustadzah untuk keberhasilan yang akan datang, dan menambah khazanah ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis dan pembaca umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif dan dilaksanakan di TPA REMASBA Tegallayang IX Caturharjo Pandak Bantul Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Analisis Faktor yang berguna untuk mengidentifikasi karakteristik (faktor) yang dianggap penting bagi responden. Dengan metode ini, maka dari sekian banyak variabel yang diolah akan diperoleh beberapa faktor yang cukup representatif untuk mewakili karakteristik variabel tersebut. Responden penelitian terdiri dari anak-anak Tegallayang Caturharjo Pandak Bantul Yogyakarta yang berusia 9-12 tahun yang didalamnya juga termasuk santriwan-santriwati TPA REMASBA Tegallayang IX. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi digunakan untuk mengadakan pengamatan untuk memperoleh data mengenai masalah-masalah yang ada dalam proses pembelajaran di TPA, sarana/ fasilitas yang tersedia dan juga lingkungan yang berhubungan dengan pembelajaran Al-Qur’an, ustadz-ustadzah, dan juga santri. Metode interview digunakan untuk memperoleh data tentang Gambaran Umum TPA REMASBA Tegallayang IX serta masalah yang dialami para santri. Dalam hal ini yang diwawancarai antara lain: Direktur, ustadz-ustadzah dan juga orang-orang yang bersangkutan dengan TPA REMASBA Tegallayang IX. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data yang otentik dari TPA. Dan metode angket untuk memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang mempegaruhi minat belajar santri di TPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 item faktor yang mempengaruhi santri belajar di TPA, ternyata tinggal 10 faktor saja yang dapat dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan analisis faktor. Dan kesepuluh faktor teresebut dapat diekstrak menjadi 4 faktor yang signifikan. Namun dari 10 faktor tersebut yang mempunyai laktor loading tertinggi dibawah 0.55 hanya 1, jadi yang dapat diklasifikasikan kedalam 4 faktor hanya ada 9 variabel. Dari penelitian ini diharapkan adanya evaluasi atau penilaian kurikulum oleh TPA. Kiranya perlu untuk lebih mengoptimalkan program pendidikan yang ada dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, meningkatkan keaktifan ustadzustadzah, mengadakan kegiatan luar ruangan, diadakan praktek-praktek ibadah, memberikan suasana aman dan nyaman dalam mengikuti kegiatan TPA, juga memenuhi kebutuhan dan keinginan santri agar mendapatkan perhatian yang lebih khusus. %Z Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto