%A NIM. 13430022 ANANDA PRAMANAWATI %O Rohinah, S.Pd.I, M.A., %T IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM %X Latar belakang penelitian ini adalah anak dengan religiusitas yang rendah dikarenakan kurangnya pendidikan disekolah yang mengajarkan tentang religiusitas anak sejak dini dengan menggunakan metode yang mudah diterima anak. Dengan demikian, TK IT Nurul Islam Menerapkan metode Outdoor Learning untuk meningkatkan religiusitas guna membantu anak dalam peningkatan religiusitas dengan metode yang menyenangkan dan mudah diterima oleh anak usia dini. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan mengambil latar TK IT Nurul Islam Gamping Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, teknik yang digunakan yaitu dengan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis secara deskriptif sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kondisi Religiusitas anak usia dini sangat beragam, mereka dapat mengenal siapa Tuhan mereka, mengenal ciptaanNya, dan mampu menjalankan ibadah dengan baik, mampu membaca surat-surat pendek maupun hadist, memulai dan mengakhiri sesuatu dengan berdoa, memiliki akhlak dan perilaku yang baik. 2) Faktor penghambat dalam implementasi Outdoor Learning meliputi: kesibukan orang tua, cuaca, anak yang terlambat. Sedangkan faktor-faktor pendukungnya meliputi: Dorongan visi misi, sarana dan prasarana, guru/ustadzah yang semangat memberikan bimbingan,perhatian dan motivasi, serta adanya partisipasi dari semua pihak sekolah maupun wali murid dan adanya kemauan siswa untuk berkembang ke arah positif. %K Implementasi, Outdoor Learning, Religiusitas, Anak Usia Dini %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib28820