%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR ATIKA FATMAH, NIM. 13430033 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:28828 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Karakter, Disiplin, Anak Usia Dini %P 165 %T POLA PENERAPAN DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK KAMALA BHAYANGKARI 05 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28828/ %X Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah yaitu, kurangnya penanaman dan kesadaran akan kedisiplinan yang dimiliki oleh peserta didik. Pendidik maupun orang tua perlu memiliki ketegasan dalam memutuskan suatu hal, mengetahui pentingnya disiplin, proses dan cara yang digunakan untuk penanaman kedisiplinan kepada anak. akan tetapi, yang sering terjadi banyak orang tua yang memberikan disiplin yang lemah kepada anaknya yaitu, anak hanya diberikan sekilas pengetahuan tentang kedisiplinan namun ketika anak melanggar kedisiplinan anak tidak akan dihukum dan juga tidak ada hadiah bagi anak yang berperilaku sosial baik. Penanaman kedisiplinan yang sudah tercapai dapat dilihat dari beberapa tingkahlaku anak dalam kesehariannya. Ada beberapa metode penerapan disiplin anak usia dini yang diterapkan di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola penerapan disiplin anak usia dini, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan disiplin anak usia dini di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pola penerapan anak usia dini di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman serta beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan kedisiplinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang diperoleh ketika penelitian dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: (1) metode yang digunakan untuk menerapkan disiplin kepada anak di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman adalah metode pembiasaan, nasihat dan peraturan. Penerapan dengan metode tersebut sudah cukup baik, namun masih perlu adanya perbaikan, terutama metode yang digunakan akan lebih baik jika menambahkan beberapa metode seperti metode pujian dan ganjaran (hadiah). Faktor pendukung yang mendukung dalam penerapan disiplin di TK Kamala bhayangkari 05 Sleman adalah program polisi kecil (pocil), orang tua dan kesadaran dari peserta didik sedangkan faktor penghambat yang menghambat proses penanaman kedisiplinan di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman adalah perbedaan karakter antar anak dan orang tua karir. %Z Dr. Suyadi, S.Ag., M.A.