@phdthesis{digilib28860, month = {August}, title = {EKSPERIMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN MUFRAD{\=A}T BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT JABAL NUR GAMPING SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10421013 DERY DIAN PERMAISARI}, year = {2017}, note = {Dr. H. Abdul Munip, M.Ag}, keywords = {Eksperimentasi Flash Card, Pre-Test Post-Test, Uji T}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28860/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui signifikansi penggunaan Media Flash Card dalam pembelajaran bahasa Arab di Kelas IV SDIT Jabal Nur Gamping Sleman. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimentasi. Sumber data penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDIT Jabal Nur Gamping, prosses pembelajaran, guru bahasa Arab kepala Sekolah dan media pembelajaran berupa flash card. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian yang dilakukan penulis membagi kelas IV kedalam dua kelompok kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Hasil rerata nilai pretest kelas Ekperimen (IV-A) menunjukan 51,1 dan kelas Kontrol (IV-B) 56, 95. Sedangkan hasil post-test kelas Eksperimen menunjukan nilai 80,35 mengalami kenaikan sebesar 25,25 dan kelas Kontrol menunjukan nilai 68,9 mengalami kenaikan sebesar 13,31. Pengitungan signifikansi perbedaan kenaikan nilai kelas Eksperimen dan kelas Kontrol menggunakan Uji T menghasilkan nilai sig. 0.000 0.05, maka bernilai sangat signifikan. Hasil penghitungan uji T dikonsultasikan dengan Hipotesis. Hipotesis (Ho) ditolak dan menerimaHa berarti terdapat perbedaan hasil belajar kelas Eksperimen dan kelas Kontrol.} }