TY - THES N1 - Nurhadi, M.A., ID - digilib28889 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28889/ A1 - NOVIA NURHIDAYAH, NIM. 13420018 Y1 - 2017/08/02/ N2 - Penelitian ini bermula dari penggunaan buku ajar yang sangat urgen dalam proses pembelajaran bahasa Arab yang disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku yakni kurikulum 2013 maka seharusnya buku ajar yang digunakan harus memperhatikan hal-hal yang sebaiknya ada dalam buku ajar. Buku Siswa Bahasa Arab Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik untuk Madrasah Aliyah kelas XI pemintan IPA, IPS dan bahasa merupakan salah satu buku pelajaran bahasa Arab yang digunakan pada saat ini. Peneliti tertarik untuk menganalisis kriteria buku dilihat dari segi komponen-komponen buku ajar dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan buku ajar menurut Abdul Hamid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi dari data primer dan sekunder. Adapun tehnik analisis data dengan menggunakan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) buku bahasa Arab sesuai dengan komponen-komponen buku ajar menurut Abdul Hamid. 2) faktor-faktor pengembangan buku ajar dalam buku bahasa Arab ini kriterianya telah sesuai. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa Buku Siswa Bahasa Arab Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik untuk Madrasah Aliyah kelas XI peminatan IPA, IPS dan bahasa telah mencukupi kriteria-kriteria yang sebaiknya terdapat dalam buku ajar dan layak untuk digunakan sebagai buku pedoman dalam pembelajaran bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - analisis buku KW - bahasa Arab KW - pendekatan saintifik 2013 M1 - skripsi TI - ANALISIS BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURUKULUM 2013 UNTUK KELAS XI MADRASAH ALIYAH PEMINATAN IPA, IPS DAN BAHASA AV - restricted EP - 126 ER -