@phdthesis{digilib28890, month = {November}, title = {PELAKSANAAN AJARAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PERKEMBANGAN IESQ (KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL) PADA SISWA KELAS VII PUTRA BOARDING SCHOOL SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016-2017}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 01320411098 MUALIMIN}, year = {2017}, note = {Dr. H. Abdul Munip, M.Ag.}, keywords = {Pelaksanaan ajaran Islam, perspektif perkembangan IESQ (kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28890/}, abstract = {Islam mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk didalamnya kecerdasan yang merupakan bagian dari salah satu karunia terbesar dari Allah SWT kepada manusia dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berfikir dan belajar secara terus menerus. Bicara tentang kecerdasan tentu kita biasanya hanya mengarah kepada kecerdasan intelektual saja (IQ) karena penerapannya sistem pendidikan kita saat ini lebih menekankan pengembangan kecerdasan intelektual saja (IQ) saja dan dimensi kecerdasan yang lain seperti kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) di marginalkan. Ketika pendidik hanya menekan kepada kecerdasan intelektual (IQ) maka akan terjadi ketidak seimbangan antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) karena hanya tekan logika dan bahasa namun pada hakikat antara IQ,EQ dan SQ harus seimbang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengunakan pendekatan fenomenologis yakni pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif dan naturalistik yang secara induksi dan holistik, kemudian objek penelitian ini adalah waka pesantren, kurikulum, kesantrian, pembina asrama, dan santri. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan ajaran Islam dalam perspektif perkembangan IESQ (kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual) pada siswa kelas VII putra boarding school SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta sudah berjalan dengan baik pada umumnya, akan tetapi dalam hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dari pimpinan dan stakeholder sekolah, perlu adayan upaya peningkatan kualitas kerja dengan berbagai kemampuan yang dimiliki yakni lebih kepada orientasi kerja pada setiap bidang kerja masing-masing (2) kaitannya dengan kecerdasan intelektual adanya perkembangan positif dilihat dari adanya pemahaman dan pengamalan dari apa yang dipahami siswa, kemudian kaitanya dengan kecerdasan emosional siswa adanya pemahaman dan tindakan postif dari perilaku siswa sehari-hari dan kaitanya dengan kecerdasan spiritual dari penelitian ini menunjukkan adanya hasil positif hal ini dapat dilihat dari tingkat kesadaran siswa dalam menjalankan ibadah wajib maupun sunnah dalam kesehariannya.} }