%0 Thesis %9 Skripsi %A NIHAYATUS SANGADAH, NIM. 1320412175 %B Pascasarjana %D 2017 %F digilib:28892 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kesadaran diri, Kedisiplinan, Motivasi berprestasi, Implikasi terhadap bimbingan konseling %P 201 %T HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI DENGAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN BELAJAR (STUDI PADA SISWA MAN 1 MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28892/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Kedisiplinan dan Motivasi Berprestasi Siswa Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Belajar (Studi Pada Siswa Man 1 Magelang) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Instrumen yang digunakan adalah angket Kesadaran Diri, Kedisiplinan dan Motivasi Berprestasi Subjek penelitian yang digunakan adalah Siswa Man 1 Magelang yang berjumlah 274 anak. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pada taraf signifikasi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa kesadaran diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap kedisiplinan. Kesadaran diri meliputi Mengenali Emosi, Pengakuan Diri yang Akurat dan Kepercayaan Diri. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa kesadaran diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar. Kesadaran diri meliputi Mengenali Emosi, Pengakuan Diri yang Akurat dan Kepercayaan Diri. Berdasarkan hasil-hasil diatas dapat diartikann bahwa kesadaran diri seseorang dapat mempunyai hubungan dengan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa. hasil tersebut dapat berimplikasi dengan bimbingan belajar yang diterapkan. Artinya bahwa bimbingan belajar dapat menetukan kesadaran diri siswa, dengan bimbingan yang baik maka kesadaran diri siswa akan meningkat. %Z Casmini, S.Ag., M.S.i