%A NIM. 1420411021 SUGIANTORO S PD I %O Dr. H. Karwadi, M.Ag %T KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA (STUDI KOMPARATIF KOMPONEN KURIKULUM TAHUN 2006 DAN 2013) %X Target dari penelitian ini: pertama, Mengetahui bagaimana Dinamika Kurikulum Pendidikan Agama Islam tahun 2006 dan 2013 pada sekolah menengah atas di Indonesia. Kedua Mengkomparasikan komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam tahun 2006 dan 2013 pada sekolah menengah atas di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian keperpustakaan (library research), yakni penelitian yang menekankan pada studi analisis data atau dokumen yang didapatkan dari sumber tertulis, baik sumber primer maupun sekunder demi mendapatkan informasi selengkaplengkapnya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dari dokumen-dokumen terdahulu. Kemudian teknik analisis data yaitu mengolah data setelah diperoleh dari hasil penelitian, sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan berdasarkan data yang faktual sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain, yang terakhir menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, dapat dijelaskan dalam kurikulum 2013 lebih baik dan lebih terarah dibandingkan kurikulum 2006. Hal ini dikarenakan dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk tidak hanya sekedar menyampaikan materi namun juga mengajarkan nilai-nilai positif untuk membangun karakter peserta didik. %K Kurikulum, Pendidikan Menengah Atas Dan Studi Komparatif. %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib28899