eprintid: 28907 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/89/07 datestamp: 2018-01-05 07:52:48 lastmod: 2018-01-05 07:52:48 status_changed: 2018-01-05 07:52:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WIDY NUR FAUZIAH, NIM. 13420066 title: KORELASI PENGUASAAN ASWAT ‘ARABIYYAH (BUNYI BAHASA ARAB) DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS VII MTSN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Korelasi, Aswat ‘Arabiyyah (bunyi bahasa Arab), Prestasi Belajar note: M. Jafar Shodiq, M.S.I., abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan aswat ‘Arabiyyah (Bunyi Bahasa Arab) bagi peserta didik di kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman sebagai pembelajar bahasa Arab baru. Aswat (bunyi) adalah salah satu unsur penting dalam mempelajari bahasa Arab. Dengan menguasai bunyi bahasa Arab yang baik diharapkan peserta didik mampu mempelajari bahasa Arab lebih mudah sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab yang nantinya berdampak pada prestasi belajar bahasa arab di kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan aswat ‘Arabiyyah (bunyi bahasa Arab) dengan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VII Mts N Ngemplak, Sleman, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman, Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 dan diambil sampel sebanyak 114 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diintrepetasikan dan diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penguasaan aswat ‘Arabiyyah (Bunyi Bahasa Arab) kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 69,95. 2) Tingkat prestasi belajar bahasa Arab kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 66,66. 3) Hubungan antara penguasaan Penguasaan aswat ‘Arabiyyah (Bunyi Bahasa Arab) dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab di Kelas VII Mts N Ngemplak, Sleman, adalah positif dan signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,450. Dengan demikian, korelasi antara penguasaan aswat ‘Arabiyyah (bunyi bahasa Arab) dengan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VII Mts N Ngemplak, Sleman, Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 berada pada kategori sedang. date: 2017-08-03 date_type: published pages: 153 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: WIDY NUR FAUZIAH, NIM. 13420066 (2017) KORELASI PENGUASAAN ASWAT ‘ARABIYYAH (BUNYI BAHASA ARAB) DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS VII MTSN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28907/1/13420066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28907/2/13420066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf