relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28920/ title: PENDIDIKAN NILAI DI PESANTREN MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA creator: RAHMINI, S PD I, NIM.1420411165 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih banyaknya perguruan tinggi yang hanya memfokuskan kecerdasan intelektual kepada mahasiswanya padahal kecerdasan intelektual saja belum cukup mengantarkan manusia menjadi sosok insan yang berkualitas tanpa diiringi pendidikan moral dan spiritual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apa saja nilai-nilai yang ada di Pondok Pesantren Mahasiswa STIKES Surya Global Yogyakarta, bagaimana pendekatan dan metodenya, serta bagaimana aktualisasi mahasiswa mengenai pendidikan nilai di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan nilai keagamaan di pesantren STIKES Surya Global sehingga nantinya mampu menjadi rujukan Perguruan Tinggi Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Mahasiswa STIKES Surya Global Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulis melakukan trianggulasi data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu meliputi data reduction, data display, dan conclution drawing/verivication. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Nilai-nilai moral yang ditanamkan di pondok pesantren STIKES Surya Global Yogyakarta melalui buku panduan pendidikan nilai moral dan kegiatan di pesantren diantaranya yaitu (a) keyakinan, (b) kesehatan, (c) kesopanan, (d) kedisiplinan, (e) menghormati, (f) kepedulian, (g) kerapian, (h) toleransi, (i) penghematan, (j) kemandirian, (k) ketertiban, (l) ibadah, (m) kerjasama, (n) inisiatif, (o) menghargai, (p) cinta, (q) patriot, (r) kebersamaan, (s) tanggung jawab, (t) ketaatan, (u) silaturahim, (v) unggul (excellence), (w) kejujuran, (x) percontohan, (y) ketekunan, (z) pantang menyerah, (aa) demokrasi, (bb) keamanan. 2) Pendekatan yang digunakan dalam proses pendidikan nilai Pondok Pesantren STIKES Surya Global Yogyakarta yaitu pendekatan emosional, repetition, kontinu. Sedangkan metode yang digunakan yaitu inkulkasi, keteladanan, fasilitasi, keterampilan. 3) Aktualisasi mahasiswa yaitu merespon dengan positif dan aktif dalam setiap program kegiatan yang di berlakukan di pondok pesantren STIKES Surya Gobal Yogyakarta date: 2017-11-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28920/1/1420411165_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28920/2/1420411165_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: RAHMINI, S PD I, NIM.1420411165 (2017) PENDIDIKAN NILAI DI PESANTREN MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.