relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28924/
title: PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENURUT IBNU ‘ASYUR
creator: BASYIR AHMAD, NIM. 1520410016
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Tesis ini berjudul Pendidikan Kecakapan Hidup menurut Ibnu Asyur. Penelitian ini  dilatarbelakangi oleh rendahnya sumber daya manusia terutama peserta didik di kalangan  umat Islam dalam proses pendidikan khususnya pada aspek kognitif dan afektif. Pada  saat yang sama, kajian atas pendidikan kecakapan hidup itu penting agar peserta didik  mampu menjawab tantangan-tantangan yang terus berkembang di era globalisasi sekarang  ini. Selain itu, pendidikan kecakapan hidup juga penting untuk meningkatkan kualitas  pribadi peserta didik dalam rangka membentuk masyarakat yang baik dan berkualitas. Di  antara tokoh yang berbicara tentang pendidikan kecakapan hidup adalah Ibnu Asyur. Ia  menjelaskan bahwa rusaknya pendidikan karena rusaknya guru, penyusun kurikulum serta  sistem pendidikan yang mengabaikan ilmu-ilmu yang bersifat aqliyah. Oleh karena itu.  Menurutnya perlu ada upaya pengembangan kemampuan diri melalui usaha-usaha  pembelajaran dan pendidikan. Berdasarkan permasalahan diatas, pokok masalah yang perlu  dijawab dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan kecakapan hidup  yang dirumuskan oleh Ibnu Asyur ? 2) apa relevansi pemikiran pendidikan kecakapan  hidup dalam pengembangan prinsip nilai masyarakat madani ? Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui konsep pendidikan kecakapan hidup dan untuk mendiskripsikan serta  menganalisis pemikiran Ibnu Asyur tentang pendidikan kecakapan hidup dan relevansinya  terhadap pengembangan nilai prinsip masyarakat madani.  Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaaan (library research) dengan menggunakan  metode analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan  mendeskripsikan serta menganalisis sumber primer; yakni kitab Alaisa as-Subhu bi Qarib  dan kitab Usul al-Niz‘am al-Ijtima’ fi al-Islam dan sumber sekunder yang menunjang  penelitian ini.  Dalam rumusan masalah yang pertama, peneliti menemukan tiga hal: 1) gagasan  pendidikan kecakapan hidup Ibnu Asyur disusun dalam kerangka dan landasan  epistimologis yang normatif yakni berbasis pada dasar-dasar agama yang berasal dari al-  Qur’an dan al-Sunnah serta landasan historis-empirik berupa realitas sosial masyarakat  Tunisia yang terbelakang dalam berbagai aspek. 2) Proses kegiatan pembelajaran;  kurikulum, guru serta penerapan pendidikan kecakapan hidup mencakup tiga aspek, yaitu:  a) kecakapan mengenal diri, mencakup mengenal diri dan Tuhannya, yang dijadikan  sebagai landasan berfikir dan berbuat. b) Kecakapan berfikir yang mencakup delapan  aspek, yakni; keyakinan, syariat, ibadah, meraih kesuksesan di dunia dan akhirat,  keteguhan hati, muamalah, produksi pengetahuan, dan c) kecakapan sosial. 3) Tujuan  pendidikan kecakapan hidup yang mencakup tujuan kemampuan mengenal diri, berfikir  dan sosial. Semua ini untuk membentuk pribadi yang unggul serta menjadi landasan dalam  membentuk masyarakat yang baik. Selanjutnya, pada rumusan kedua, relevansinya terkait  nilai prinsip pengembangan masyarakat madani yaitu prinsip kesetaraan, keadilan dan  inklusivisme.
date: 2017-12-11
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28924/1/1520410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28924/2/1520410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   BASYIR AHMAD, NIM. 1520410016  (2017) PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENURUT IBNU ‘ASYUR.  Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.