TY - THES N1 - Dr. Mahmud Arif, M. Ag ID - digilib28925 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28925/ A1 - BAHRUN ULUM, NIM. 1520410043 Y1 - 2017/10/02/ N2 - Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari pembenahan yang dilakukan oleh KH. Ali Maksum terhadap pondok pesantren yang mengalami ketertinggalan di abad 20 modern. Dunia pendidikan Indonesia menghadapi era modern bersamaan dengan westernisasi budaya. Upaya perubahan sistem pendidikan yang dilakukan Kiai Ali menghasilkan dampak perkembangan pesantren yang cukup signifikan dengan tetap mempertahankan tradisi yang sudah ada dengan mengintegralkan sistem pendidikan tradisional dan modern. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan Pemikiran Pendidikan Pesantren KH. Ali Maksum Krapyak., 2) Menganalisis karakteristik pemikiran pembaruan pendidikan Pesantren KH. Ali Maksum Krapyak 3) Menganalisis relevansi Pemikiran Pembaruan pendidikan Pesantren KH. Ali Maksum Krapyak terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian dengan kajian literatur melalui penelitian kepustakaan. Sumber data primer penelitian ini adalah karya atau pemikiran KH. Ali Maksum Krapyak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis-deskriptis. Bagi Kiai Ali, semua ilmu itu ilmu agama (Islam), berasal dari sumber yang sama yaitu Allah Swt. Secara epistemologi, Kiai Ali mengklasifikasi ilmu menjadi dua yaitu ilmu religius (syari?at) dan ilmu intelek (umum). Secara hukum fiqih, Kiai Ali mengklasifikasikan ilmu menjadi dua yaitu ilmu fardu ain, dan ilmu fardu kifayah. Pertama, Ilmu yang fardu ain yaitu ilmu religius fardu ain yaitu ilmu yang wajib dipelajari bagi setiap individu muslim. Ilmu religius ini berupa ilmu hal atau ilmu-ilmu dasar pokok tentang beragama Islam. Kedua ilmu fardu kifayah yaitu ilmu religius fardu kifayah dan ilmu umum. Pembaruan pendidikan Islam Kiai Ali merupakan pengintegrasian antara konsep pendidikan tradisional dan mengadopsi konsep pendidikan modern sehingga dari sintesis tersebut melahirkan konsep pendidikan Islam neomodernisme yang sesuai dengan kemajuan zaman. Pembaruan yang dilakukan oleh KH. Ali Maksum menggunakan prinsip adagium al-muhafadzatu ala alqodim al-sholih wa al-akhdu bi al-jad?di al-ashlah. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pembaruan Pendidikan Pesantren KW - metodologi KW - kurikulum dan kepemimpinan M1 - masters TI - PEMIKIRAN PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMBARUAN PENDIDIKAN PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 214 ER -