eprintid: 28932 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/89/32 datestamp: 2018-01-09 04:39:42 lastmod: 2018-01-09 04:39:42 status_changed: 2018-01-09 04:39:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MALIK B GIU, NIM. 1520410064 title: ANALISIS KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PAHAM DERADIKALISME DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA GORONTALO ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Analisis Kebijakan, Nilai-nilai, Pondok Pesantren note: Dr. Imam Machali, M.Pd abstract: Latar belakang penelitian ini berawal dari keinginan peneliti untuk melihat bagaimana nilai-nilai Pendidikan multikultural yang ditanamkan di PP. Alkhairaat Tilamuta yang berbeda bahasa, berbeda budaya, suku dan dipersatukan dalam lingkungan pondok pesantren. Sangat menarik diperhatikan dengan adanya kebijakan yang di terapkan di PP. yang mana kebijakan itu tidak pandang bulu, dan mereka juga disibukkan dengan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan baik kegiatan formal di sekolah maupun non formal di asrama dan juga kegiatan di luar pondok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang berusaha memaparkan secara sistematis materi-materi pembahasan yang berbagai sumber kemudian dianalisis dengan teliti guna memperoleh hasil sebagai kesimpulan. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan sosiologi. Hasil penelitian menunjukan: (1) kebijakan yang ditanamkan di Pondok Pesantren Alkhairaat Tilamuta adalah kebijakan yang menanmkan nilai-nilai Pancasila, menjunjung tinggi nilai pluralisme, demokrasi, dan mencetak santri yang ber-Islam moderat. (2) Adapun analisis kebijakan di PPAT adalah semuanya sudah memenuhi standar yang diinginkan oleh pemerintah., sekalipun fasilitas, sarana dan prasarana masih belum lengkap tetapi mereka bisa bersaing sesuai dengan persaingan global. (3) Nilai-nilai yang ditanamkan di PPAT cukup beragam, diantaranya nilai demokrasi nilai kebersamaan, nilai saling tolong menolong, saling menghargai dan nilai toleransi diantara mereka, melalui nilai inilah yang menumbuhkan rasa kebersamaan, muncul sikap saling tolong menolong, toleransi dan lain sebagainya. (4) Dampak internal dan eksternal belajar di PPAT adalah selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat,bisa mencetak santri yang mandiri, bisa memiliki peluang besar keperguruan tinggi yang bertaraf internasional. date: 2017-09-27 date_type: published pages: 279 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: MALIK B GIU, NIM. 1520410064 (2017) ANALISIS KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PAHAM DERADIKALISME DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA GORONTALO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28932/1/1520410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28932/2/1520410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf