%0 Thesis %9 Masters %A SYAIFUL UMAM, NIM. 1520411034 %B Pascasarjana %D 2017 %F digilib:28941 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Model, Pembelajaran Bahasa Arab, Ma’had %P 157 %T STUDI FENOMENOLOGIS MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD STAIN KUDUS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28941/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran BA yang meliputiempataspek, yaitu: 1) sintaks pembelajaran, 2) sistem sosial, 3) prinsip reaksi, dan 4) sistem pendukung,5) dampakinstruksional. Jenis penelitian adalah metode kualitatif fenomenologis, yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) sintaks pembelajaran dibedakan menurut model pembelajarannya, yaitu: a) model pembelajaran inkuiri ilmiah, yaitu: pemaparan masalah, menyusun premis, mengidentifikasi masalah, dan menyusun teori pendukung; b) model pembelajaran ingatan, yaitu: Menghadirkan materi, Mengembangkan hubungan, Mengembangkan bayangan indra, Latihan mengingat materi; c) model pembelajaran induktif, yaitu: pembentukan konsep, Menginterpretasi data, dan Mengaplikasikan prinsip. 2) sistem sosial pembelajaran BA di ma‟had STAIN kudus, system pembelajarankooperatif. 3) Prinsip reaksi dalam pembelajaran di ma‟had ini adalah dosen sebagai fasilitator, pengembang kemampuan inkuiri dan kemampuan kognitif peserta didik. 4) Sistem pendukung dalam model pembelajaran di ma‟had ini adalah data mentah, data pendukung daya ingat, dan instruktur yang terampil melakukan inkuiri, %Z Dr. H. Tulus Musthofa, Lc. M.A,