%A NIM. 13240033 KHOIRUL ANWAR %O Aris Risdiana S.Sos.I., M.M, %T PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION (STUDI KASUS JAMAAH UMROH DI AL MADINAH TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA TAHUN 2016) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Customer Satisfaction jamaah umroh tahun 2016 di Al Madinah Tour & Travel Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan berguna untuk membangun dan mengembangkan ilmu manajemen terutama dalam bidang pemasaran yang berkaitan dengan manajemen hubungan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling. Probability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) untuk dipilih menjadi anggota sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian statistik dengan analisis uji asumsi (normalitas dan linieritas), analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis (uji t dan uji R2). Berdasarkan analisa data dan hasil penelitian yang diolah dengan menggunakan program komputer SPSS 21,0 for windows menunjukan bahwa customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Dengan melihat nilai beta pada kolom unstandardized coefficients adalah 1,972 nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05. nilai Adjused R2 adalah 0,474 hal ini berarti 47,4 % variabel customer satisfaction dipengaruhi oleh variabel customer relationship management sedangkan sisanya 52,6% dipengaruhi varaibel lain diluar model penelitian ini. %K Customer Relationship Management dan Customer Satisfaction %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib28965