@phdthesis{digilib29036, month = {November}, title = {PERBAIKAN SISTEM ANTRIAN MENGGUNAKAN SIMULASI KOMPUTER (STUDI KASUS DI GEMBIRA LOKA JOGJAKARTA )}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 12660023 NUR AFANDI}, year = {2017}, note = {Arya Wirabhuana M.Sc}, keywords = {Gembira Loka Zoo, antrian, Arena, pengunjung, Loket}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29036/}, abstract = {Gembira Loka Zoo termasuk salah satu tempat pariwisata yang digemari wisatawan baik dalam maupun luar Yogyakarta. Menurut Direktur Pemasaran Gembira Loka Josep Kurniawan, dalam hari-hari biasa pengunjung hanya sekitar 1.500 pengunjung, namun saat hari libur pengunjung mencapai 15.000 pengunjung (Tribun Jogja). Jumlah pengunjung yang berbeda dihari libur menyebabkan terjadinya antrian yang sangat panjang. Data penelitian didapatkan dengan observasi secara langsung di Gembira Loka Zoo, mengambil data waktu antar kedatangan, lama pelayanan, jumlah antrian dan lama menunggu. Metode yang digunakan yaitu mensimulasikan sistem antrian dengan bantuan software Arena dan data diinput menggunakan Input Analyzer. Dari hasil penelitian tentang Perbaikan Sistem Antrian Menggunakan Simulasi Komputer yang dilakukan di Gembira Loka Zoo didapatkan hasil bahwa pada hari-hari biasa jumlah 3 loket di Gembira Loka dapat memenuhi kebutuhan pengunjung dalam antrian, sedangkan saat hari libur jumlah 3 loket yang ada di Gembira Loka Zoo kurang memenuhi kebutuhan pengunjung sehingga dibutuhkan penambahan fasilitas loket di Gembira Loka Zoo. Jadi total loket yang seharusnya disediakan yaitu 7 buah loket.} }