<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN)"^^ . "Capacitated Vehicle Routing Problem adalah masalah penentuan rute kendaraan\r\nuntuk melayani sejumlah konsumen dengan keterbatasan kapasitas muatan\r\nkendaraan. Penelitian ini membahas tentang pembentukan rute distribusi di\r\nsebuah agen gas. PT. Graha Gas Niaga merupakan salah satu agen penyalur gas\r\nLPG 3 kg dengan wilayah operasional di Kabupaten Klaten. Penentuan rute\r\ndistribusi dilakukan oleh perusahaan hanya dengan berdasarkan pada kira – kira\r\noleh karyawan di bidang administrasi. Hal tersebut menyebabkan jarak yang\r\nditempuh kurang optimal,terdapat 27 rute dengan jarak total yang harus\r\nditempuh sejauh 798.25 km dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 600.000.\r\nPenelitian ini menggunakan dua metode berbeda untuk menentukan pembentukan\r\nrute distribusi. Metode eksak MILP dan metode heuristik Saving Matrix dengan\r\npengurutan metode nearest neighbor. Pengolahan data menggunakan metode\r\nMILP dibantu software IBM ILOG CPLEX menghasilkan 27 rute dengan jarak\r\ntempuh sejauh 578.89 km dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 434.746.\r\nPengolahan kedua menggunakan metode saving matrix menghasilkan 28\r\nrutedengan jarak tempuh 620.69 km dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 466.138.\r\nPerbandingan dengan rute awalan, metode MILP mampu menghemat jarak\r\nsebesar 219.36 km (27.48 %) dan biaya bahan bakar sebesar Rp.165.243 (27.54\r\n%), sedangkan metode saving matrix mampu menghemat jarak sebesar 177.56 km\r\n(22.24 %) dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 133.861 (22.31%).Metode MILP\r\nmemberikan hasil yang lebih baik daripada metode saving matrix untuk\r\nmenyelesaiakan permasalahan rute di PT. Graha Gas Niaga."^^ . "2017-11-23" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13660030"^^ . "ALFI WIDYASARI"^^ . "NIM. 13660030 ALFI WIDYASARI"^^ . . . . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Text)"^^ . . . . . "13660030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Text)"^^ . . . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI\r\nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING\r\n(MILP) DAN SAVING MATRIX\r\n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29068 \n\nOPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI \nMENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING \n(MILP) DAN SAVING MATRIX \n(STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN)\n\n" . "text/html" . . . "Tehnik Industri"@en . .