@phdthesis{digilib29088, month = {December}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PEMANFAATANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 11480010 RAHMAT FAUZI}, year = {2017}, note = {Sigit Prasetyo, M.Pd.Si}, keywords = {media pembelajaran IPA, pengembangan, Adobe Flash CS5}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29088/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI, 2) memperoleh media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D), melalui model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 4 peer reviewer (teman sejawat), 4 guru kelas, dan 40 siswa kelas IV SD/MI di MIM Basin dan MIM Tangkisan Pos. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu: 1) lembar penilaian kualitas media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 untuk ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru wali kelas SD/MI, serta 2) angket respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 untuk siswa SD/MI kelas IV. Teknik analisis data melalui 2 tahapan yaitu kualitatif yang selanjutnya diubah menjadi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 dalam pembelajaran IPA pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI. 2) Berdasarkan penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 4,2 dengan kategori SB (Sangat Baik), penilaian dari ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,2, dengan kategori SB, penilaian dari peer reviewer memperoleh ratarata sebesar 4,39, dengan kategori SB, penilaian dari 4 guru memperoleh skor rata-rata sebesar 4,5; dengan kategori SB, dengan demikian, media Adobe Flash dalam pembelajaran IPA pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya ini layak digunakan untuk pembelajaran IPA untuk kelas IV SD/MI. 3) Respon penilaian yang diberikan oleh siswa adalah positif, dengan persentase 100\%.} }