%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Amirudin, NIM. 13210114 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2017 %F digilib:29119 %I UIN Sunan Kalijaga %K Desain Komunikasi Visual. Penggalangan dana sosial. Instagram. Teori Gestalt %P 136 %T DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PENGGALANGAN DANA SOSIAL LOVE MASJID MELALUI AKUN INSTAGRAM @love_masjid %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29119/ %X Di zaman kemudahan komunikasi dan informasi ini, media sosial Instagram sudah berkembang menjadi media iklan yang potensial dengan konten berupa desain komunikasi visual. Hal itu juga yang dilakukan oleh komunitas sosial Love Masjid untuk meningkatkan popularitas dan penggalangan dana sosial mereka. Untuk itu tentunya desain yang mereka buat harus menjadi media komunikasi efektif kepada netizen. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang membahas tentang desain komunikas visual penggalangan dana sosial Love masjid melalui akun Instagram @love-masjid dari sisi kriteria tampilan desain yang diterapkan dan komunikasi visual yang dilakukan. Peneliti menganalisa datadata kualitatif yang ada dengan teori desain komunikasi visual dan disertakan teori Gestalt yaitu teori psikologi mengenai persepsi visual. Pada penelitian ini, desain komunikasi visual untuk penggalangan dana sosial oleh komunitas sosial Love Masjid memiliki layout, warna, tipografi dan ilustrasi tersendiri yang disesuaikan dengan viewer mereka. Disamping itu publikasinya dilakukan dengan cara bertahap, konsisten dan menyesuaikan masyarakat yang dibidik. %Z Muhammad Sahlan, M. Si