%0 Thesis %9 Skripsi %A WURI RAHMAWATI, NIM. 12480027 %B Fakultas Ilmu Tarbjiyah %D 2017 %F digilib:29142 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar %P 157 %T PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN TAMANAGUNG 2 MUNTILAN MAGELANG JAWA TENGAH SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29142/ %X Prestasi belajar di SDN Tamanagung 2 Muntilan yang dicapai kurang optimal. Ditinjau dari manajemen waktu belajar siswa, ternyata masih banyak siswa yang masih rendah manajemen waktu dalam belajar. Hasil pra survey juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa dengan motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Tamanagung 2 Muntilan, Magelanag, Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model korelasi dan bentuk rumusan masalah assosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamangung 2 Muntilan Magelang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara manajemen waktu belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDN Tamanagung 2 Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung F tabel (11,3313,34) dengan nilai signifikansi 0,0000,05. Hasil uji R2 pada penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0,447. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel manajemen waktu belajar dan motivasi belajar sebesar 44,7%, sedangkan sisanya sebesar 55,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. %Z Dra. Siti Johariyah, M.Pd.