@phdthesis{digilib29145, month = {November}, title = {IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO, MANTRIJERON, YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIm. 1348000 ISTIWI ALFININGTYAS 13480021}, year = {2017}, note = {Drs. Nur Hidayat, M.Ag}, keywords = {Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29145/}, abstract = {Masalah lingkungan di Indonesia, sekarang sudah menjadi masalah bagi pemerintah dan masyarakat. Masalah lingkungan memang merupakan masalah yang kompleks dimana lingkungan lebih banyak bergantung kepada tingkah laku manusia yang semakin lama semakin menurun, baik dalam kualitas maupun kuantitas dalam menunjang kehidupan manusia. Kualitas lingkungan hidup sekarang cenderung mengalami penurunan. Kurangnya sikap peduli menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan. SD Negeri Gedongkiwo adalah sekolah yang berupaya menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan. Untuk menerapkan karakter peduli lingkungan, sekolah mempunyai beberapa program yang diterapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo serta faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Gedongkiwo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan deskriptif kata, atau kalimat, yang disusun secara cermat dan sistematis mulai dari menghimpun data hingga menafsirkan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta dilaksanakan dengan cara: 1) Perencanaan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa meliputi program pengembangan diri dan pengintegrasian ke dalam pembelajaran. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket kelas, merawat tanaman dan Jum?at bersih, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pengintegrasian karakter peduli lingkungan ke dalam pembelajaran. 2) Pengembangan proses pembelajaran di kelas meliputi pembiasaan kebersihan dalam kelas, penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran dan pembelajaran di luar kelas, Pengembangan proses pembelajaran di sekolah dengan lomba kebersihan, dan Pengembangan proses pembelajaran di luar sekolah dengan kegiatan pramuka. 3) Faktor pendukung meliputi kerjasama antara guru dan peserta didik serta sarana prasarana, faktor penghambat meliputi perbedaan sikap peserta didik dan kesadaran guru kurang maksimal.} }