eprintid: 29147 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/91/47 datestamp: 2018-01-25 06:38:34 lastmod: 2018-01-25 06:38:34 status_changed: 2018-01-25 06:38:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIFA ARDIYANTO, NIM. 13480038 title: PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AR-RAIHAN BANTUL ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Karakter, SDIT Ar-Raihan, Karakter Religius, Full Day School. note: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I. abstract: Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi dan metode untuk menanamkan nilai Karakter religius di SDIT Ar-Raihan 2) Mengetahui hasil penanaman nilai karakter religius siswa SDIT Ar-Raihan. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan penanaman nilai karakter religius Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanaman karakter religius di SDIT Ar-Raihan meliputi (1) memberikan informasi yang rasional (2) Merumuskan kebijakan dan peraturan (3) mengkomunikasikan secara terus menerus tentang pendidikan karakter (4) guru sebagai model teladan. Metode yang digunakan adalah (1) penempelan spanduk dan poster (2) pemberian reward/ hadiah bagi siswa yang berprestasi (3) penegakan nilai kedisiplinan (4) memberikan penguatan nilai moral 5) memberikan bimbingan dan konseling nilai karakter Religius. Strategi dan model yang telah diterapkan tersebut menghasilkan siswa yang (1) mengimani rukun iman (2) memiliki sikap amr ma’ruf nahi munkar (3) memiliki perasaan dalam keberagamaan (4) memiliki pengetahuan tentang ilmu fiqih Quran Hadits dan sejarah kebudayaan islam (5) memiliki motivasi sosial. Semua itu bisa terwujud karena didukung dengan adanya beberapa faktor diantaranya (1) peran komunikasi sekolah dengan orang tua (2) Sarana prasarana sekolah yang memadai (3) Budaya dan kebijakan dalam pembiasaan di sekolah. Meskipun begitu tentunya ada faktor yang menghambat dalam penanaman nilai karakter religius yaitu adanya perbedaan latar belakang peserta didik yang cukup besar. date: 2017-12-04 date_type: published pages: 187 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Tarbjiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RIFA ARDIYANTO, NIM. 13480038 (2017) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AR-RAIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29147/1/13480038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29147/2/13480038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf